Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry menghadiri syukuran sekaligus melaunching bus angkutan gratis llayanan antar jemput untuk pasien cuci daerah atau Haemodialisa di daerah Daha ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H. Hasan Basry Kandangan.

Ia mengatakan, satu unit bus angkutan ini disediakan pihaknya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS untuk mempermudah dan meringankan beban biaya perjalanan para pasien cuci darah yang berdomisili di daerah Daha yang berjumlah 20 orang.

Baca juga: Rakerkesda Kalsel Bupati HSS presentasikan Imunisasi, TB Paru dan PTM

"Kami akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk bidang pelayanan kesehatan sehingga lebih baik lagi ke depannya," katanya, saat kegiatan syukuran bertempat di RSUD Daha Sejahtera, Rabu (13/3) pagi.

Dijelaskan dia, bus angkutan gratis untuk pasien ini akan diberangkatkan empat kali seminggu, yaitu pada hari Selasa, Rabu, Jum'at dan Sabtu, dan diharapkan langkah pemerintah ini bisa meringankan beban masyarakat sekaligus memastikan masyarakat secara rutin bisa terlayani.

Selain itu, dengan pertimbangan jumlah penduduk di wilayah Daha saat ini mencapai sekitar 38 persen dari jumlah penduduk HSS, karena itu pihaknya bertekat terus meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah tiga Daha, yakni Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat.

Baca juga: ASN HSS pelopor gerakan pemberantasan sarang nyamuk

Begitupun karena selama ini secara finasial pasein-pasein yang berjumlah 20 orang tersebut membutuhkan dana untuk bolak-balik dari Negara-Kandangan, naik bentor Rp.250 ribu dua kali seminggu.

“Kadang-kadang kalau tidak ada uang hanya cek darah sekali seminggu saja, dan juga kami melalui melalui Dinas Kesehatan HSS dalam waktu dekat juga akan melaksanakan sosialisasi terkait pencegahan penyakit gagal ginjal," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019