Sebanyak dua unit bus wisata dan bus angkutan umum milik Pemerintah Kota Banjarbaru digunakan untuk mengangkut jamaah haul KH Zaini Abdul Gani atau lebih dikenal dengan sebutan abah Guru Sekumpul untuk menuju lokasi terdekat haulan. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Ahmad Yani di Kota Banjarbaru, Ahad, mengatakan lima bus tersebut standby di Lapangan Murjani depan Balai Kota dan siap mengantar rombongan jamaah.

"Bus standy di Murjani sejak Ahad subuh dan bergiliran mengantarkan rombongan jamaah hingga Jalan Ahmad Yani km 38 yang menjadi titik terdekat menuju lokasi haul, selanjutnya mereka jalan kaki," ujarnya.

Dikatakan Kadishub, pelayanan bus gratis itu diberikan bukan hanya saat jamaah menuju lokasi haul tetapi juga sepulangnya jamaah yang dijemput dari titik pengantaran hingga balik ke Murjani. 

"Jamaah yang pulang dari lokasi haul juga akan dijemput dan diantar bus balik menuju Murjani. Diperkirakan, jamaah berangsur pulang haul mulai pukul 22.00 Wita dan bus standby di lokasi pengantaran tadi," ungkapnya. 

Selain dua bus wisata dan tiga bus angkutan, jamaah juga diangkut tiga unit mobil pick-up milik BPBD Kota Banjarbaru dan satu unit truk Satpol PP yang juga melayani dari Lapangan Murjani. 

Pantauan di Lapangan Murjani pukul 12.15 Wita, puluhan bus jamaah yang berasal dari berbagai kota seperti Palangkaraya dan Kapuas, Kalteng diparkir di dalam lapangan, dan jamaahnya turun diantar naik bus. 

"Bus kami diparkir di Lapangan Murjani dan rombongan diantar naik bus ke lokasi terdekat haulan. Ini sangat membantu kami," ucap Nurul salah satu jamaah dari Palangkaraya yang datang rombongan. 

Sementara itu, hampir seluruh ruas jalan di Kota Banjarbaru maupun Kota Martapura dipadati kendaraan jamaah baik roda dua dan roda empat sehingga terjadi kemacetan tetapi lalu lintas tetap aman lancar. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019