Rantau, - Pemerintah Kabupaten Tapin terus memacu semangat para petani untuk menggarap lahan yang sebelumnya tidur menjadi lahan produktif guna memperluas lahan tanam di kawasan tersebut..

Hal tersebut bukan tanpa alasan, oleh karena Kementerian Pertanian RI yang memanfaatkan Kabupaten Tapin dapat melakukan tanam selama tahun 2019 ini seluas  84.096  hektare.

"Target dari Kementerian Pertanian adalah semangat untuk kami, Tapin hanya memiliki lahan seluas 63.600 hektare, tetapi target dari Kemenpan seluas 84.096 hektare," ujar Kepala Dinas Pertanian Tapin, Wagimin, di Rantau, Selasa (5/3).

Dijelaskan Wagimin, salah satu kiat untuk memenuhi target tersebut, yaitu dengan cara melakukan percepatan tanam di beberapa wilayah.

"Termasuk kita juga mendorong petani untuk melakukan tanam dua sampai tiga kali dalam setahun," ujarnya.

Wagimin berharap para petani yang ada di Kabupaten Tapin, untuk benar-benar giat melakukan pemanfaatan lahan secara optimal.

"Setiap tahun, kita memang selalu ditargetkan lebih oleh Kementan RI, dan kita selalu optimis bisa mencapai target tersebut," ujarnya lagi.

Dari data tahun 2018, Kementerian Pertanian RI menargetkan Tapin bisa tanam seluas 86,535 hektare, namun berhasil tanam seluas 85,884 hektare.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019