Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS mencanangkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus dipusatkan di Puskesmas Berangas Kecamatan Alalak ditandai penetesan Lavarisida secara simbolis, Kamis (28/2).


“Pemkab Batola telah berkomitmen untuk mencapai eleminasi penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aydes aegypty,” ujar Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel menjelaskan, salah satu upaya dalam mempercepat pencapaian tujuan dengan melaksanakan 3M (menutup, menguras, dan mengubur) tempat-tempat bertelurnya nyamuk.

Dikatakannya, upaya pemberantasan DBD ada tiga hal diantaranya,  meningkatkan kegiatan survelens penyakit dan survelens vektor, diagnosa dini dan pengobatan dini serta meningkatkan upaya pemberantasan vektor.

Istri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad ini menekankan, pencegahan DBD mutlak dilakukan dan paling penting memberantasnya.

Untuk itu, dia mengimbau, semua pihak harus terlibat tanpa mengenal usia.

“Kepada para camat, lurah, kades dan seluruh masyarakat dengan kondisi cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu hendaknya lebih fokus melakukan monitoring dalam mengantisipasi serangan mematikan ini,” pintanya.

Hal yang sama, bupati juga mengingatkan kepada petugas-petugas Puskesdes agar semakin menggiatkan koordinasi dengan dinas kesehatan dalam meminimalisir angka kematian yang disebabkan virus DBD.

Dalam menanggulangi DBD, Noormiliyani juga mengingatkan, dalam satu rumah masyarakat menerapkan satu jurus pemantau jentik (Sajumantik) dengan setiap satu minggu melakukan pemeriksaan jentik di rumah masing-masing.

Selain itu, harap dia, masyarakat berperan menjaga kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu sumber utama tempat berkembang biaknya nyamuk.

Terkait gerakan PSN 3M Plus, menurut anak mantan Gubernur Kalsel almarhum Aberani Sulaiman itu, pengendaliannya tak bisa hanya mengandalkan pengasapan atau fogging, namun cara yang paling ampuh dengan memberantas vektornya dengan membasmi sarang-sarang melalui penggalakkan PSN.

“Kalau seminggu sekali masyarakat melakukan bersih-bersih dengan mengurus, menutup dan menimbun barang bekas maka nyamuk pembawa virus DB tidak akan sempat berkembang lagi,” pungkasnya.

Pencanangan dihadiri Kadis Kesehatan Batola dr Hj Azizah Sri Widari, Camat Alalak Haris Isroyani beserta isteri, para anggota Forkopimcam, mewakili Ketua TP-PKK Batola dan para Ketua PKK Kecamatan serta berbagai lapisan masyarakat tersebut, Hj Noormiliyani meninjau lokasi PSN 3M Plus yang berada di kawasan Kelurahan Berangas.



 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019