Sebanyak 20 orang master catur nasional dan provinsi mengikuti turnamen catur terbuka Walikota CUP II yang mulai berlangsung di balaikota Banjarmasin, Senin.


Lomba yang dibuka Wali Kota Banjarmasin, Haji Muhidin tersebut diikuti sekitar 80 peserta baik dari Kalsel sendiri maupun dari provinsi tetangga Kaltim dan Kalteng.

Wali Kota saat membuka turnamen yang memperebutkan tropi bergilir,piagam dan hadiah uang puluhan juta rupiah tersebut berharap dengan adanya kejuaraan ini akan lahir lagi master catur baru.

"Kalsel memang ladangnya master catur, yang dikenal adalah master catur Ardiansyah dan Arovah Bachtiar, dan diharapkan pecatur muda mengikuti jejak kedua master catur dunia tersebut," katanya.

Menurut Wali Kota yang juga ikut sebagaipeserta tersebut menyebutkan permainan catur memang membutuhkan keahlian dan konsentrasi yang tinggi, terlebih dengan jumlah peserta yang mencapai sekitar 80 orang, ketenangan dan keseriusan sangat dibutuhkan, agar dapat menang.

Dikatakan Muhidin dalam kejuaraan dalam kaitan memperingati Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke-486 tersebut akan lahir pecatur muda berbakat karenanya dalamkejuaraan tersebut juga melibatkan anak-anak.

Ketua Panitia Penyelenggara Turnamen Catur Terbuka Walikota Cup 2012, M Amin MT, mengungkapkan kejuaraan itu menggunakan sistem swiss sembilan babak.

  Dari sejumlah peserta Kebanyakan memang anggota Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan 20 orang adalah master catur sehingga mengerti dan paham sistem lomba dan cara bertanding/D.
(T.H005/B/A020/A020) 02-10-2012 17:53:38

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012