Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tabalong tahun ini menargetkan pengadaan lima paket lahan termasuk lahan kuburan muslim di Desa Bongkang.

Kepala Dinas Perkim dan Pertanahan Kabupaten Tabalong Syaiful Bakhri menyebutkan pihaknya juga menyiapkan dana untuk mendukung Pembuatan sertifikat gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Selain untuk kuburan kita juga menyiapkan lahan daerah resapan air di belakang Polres dan tanah untuk MTs Negeri Tantaringin," jelas Syaiful.

Dua paket lahan lainnya yakni rest area di Desa Wirang dan jalan Simoang Empat Islamic Center.

Selanjutnya realisasi pengadaan tanah 2018 mencakup lahan parkir lapangan sepakbola Desa Nawin, jalan lingkar Muara Harus, lahan saluran irigasi Kinarum, lahan IPTL dan TPA Bongkang.

Sementara itu Tabalong juga mendapat bantuan pensertifikatan tanah gratis melalui PTSL untuk 4.000 bidang tanah mencakup 3.000 bidang sertifikat dan 1.000 bidang dipetakan.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalsel mengambil sumpah puluhan panitia adjukasi dan satuan tugas PTSL (Program Pendaftaran Sistematis Lengkap) tahun 2019.

Pemkab Tabalong dan Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong juga telah menandatangani MOU sertifikat tanah yang merupakan aset pemerintah daerah.

Selain itu Kantor Pernahanan setempat juga menyerahkan 15 sertifikat tanah wakaf pada pemerintah daerah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019