Atlet dayung Kalimantan Selatan berhasil meraih medali perak nomor dragon boat 250 meter pada Pekan Olahraga Nasional XVIII 2012 di Pekanbaru, Riau, Selasa.


Medali perunggu yang berhasil diperoleh Kalimantan Selatan (Kalsel) di nomor dragon boat 250 meter tersebut diikuti 12 orang pedayung berasal dari "Bumi Antasari" itu.

Sebelumnya cabang olah raga dayung Kalsel juga berhasil meraih medali perak nomor dragon boat 1.000 meter yang di ikuti 22 orang pedayung dan nomor kayak perorangan.

Oleh sebab itu, cabang olah raga dayung telah berhasil menyumbangkan dua medali perak dan satu medali perunggu untuk kontingen Kalsel.

Bupati Barito Kuala Kalsel Hasanudin Murat mengatakan bahwa olah raga dayung di Kalsel merupakan salah satu cabang yang seharusnya patut diperhitungkan.

Namun demikian, kemunduran prestasi cabang olah raga dayung bukan karena Pemerintah Kabupaten Barito Kuala tidak mendukung, karena hal tersebut bisa disebabkan oleh pembinaan yang perlu ditingkatkan.

Bibit pedayung banyak terdapat di Kabupaten Barito Kuala, Kalsel, namun yang menentukan adalah polesan pembinaan sehingga atlet dapat meraih prestasi secara maksimal.

PON XVIII Pekanbaru, Riau, digelar 11-21 September 2012 dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Provinsi Kalsel mengirimkan setidaknya 222 orang atlet guna mengikuti 31 cabang olah raga yang dipertandingkan dalam ajang bergengsi PON XVIII Pekanbaru, Riau, 2012.

Pekan Olahraga Nasional itu mempertandingan cabang olah raga di antaranya menembak, tinju, binaraga, renang, taekwondo, catur, dayung, karate, biliar, panjat tebing, bridge, atletik, dan bulutangkis.

Jumlah cabang olahraga unggulan Kalsel saat ini ditetapkan sebanyak 15 cabang meliputi gulat, menembak, tinju, angkat berat, dan binaraga.

Selain itu, loncat indah, renang, biliar, balap motor, taekwondo, baseball, catur, dayung, wushu, dan pencak silat.

KONI Kalsel juga memiliki 21 cabang olahraga yang dianggap potensial seperti sepak bola, bola basket, bola voli, kempo, selam, bridge, bulu tangkis, dan golf. /D.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012