Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan yang juga membidangi media massa, H Suripno Sumas berpendapat, pers daerah memmiliki peran mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kerakyatan di provinsi tersebut.

"Sesuai fungsi dan peran sebagai media komunikasi, pers di Kalimantan Selatan terus memotivasi masyarakat setempat untuk menumbuhkembangkan perekonomian daerah, terutama bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga mereka sendiri," ujarnya di Banjarmasin, Minggu.

Begitu pula pers daerah terus mengedukasi serta mentransformasikan pengetahuan guna pertumbuhan, peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan di Kalsel yang kini berpenduduk empat juta jiwa lebih dari tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Pendapat mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu berkaitan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 dengan tema "Pers Memperkuat Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital" yang puncak peringatannya di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Selain itu, menurut pensiunan pegawai negeri sipil yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa tersebut, peran pers atau media masa di Kalsel yang tidak kalah pentingnya, yaitu turut menjaga suasana daerah yang tetap kondusif.

Pasalnya, katanya,suasana daerah yang kondusif akan sangat menjunjung pertumbuhan, pengembangan dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Dengan suasana kondusif tersebut orang bisa bekerja atau berusaha dengan tenang dan nyaman, sehingga dapat menumbuhkembangkan perekonomian secara positif," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu.

Karenanya, tidak salah kalau pemerintah provinsi mengapresiasi pertumbuhan dan perkembangan pers sehat secara umum, tidak terkecuali di Kalsel yang tampak makin pesat.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019