Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polres Tanah Laut bekerja sama dengan Alphac Studios membuat aplikasi game atau permainan di smartphone android bernama "Si Tala" yaitu aplikasi permainan tentang simulasi tertib dan aman berlalu lintas.

Di dalam permainan, si pengguna akan dikenalkan tentang tata tertib dalam berlalu lintas. Sehingga dapat membantu mengedukasi masyarakat dengan cara lebih menyenangkan.

"Dalam permainan, disimulasikan kondisi berkendara dimana pemainnya dianggap sebagai seorang yang baru belajar mengemudi dengan dihadapkan rambu-rambu dan aturan berlau lintas yang harus dipatuhi," terang Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, Kamis (24/1).
Adapun misi pemain dalam berkendara harus sebaik mungkin sambil mengumpulkan koin emas yang bertebaran di jalan. Sepanjang jalan dilalui juga berisi penjelasan tentang berbagai rambu lalu lintas dan peraturan lampu lalu lintas, sehingga di akhir permainan, akan mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi yang memenuhi kriteria kelulusan.

"Harapan kami juga dengan adanya edukasi berbentuk game ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membuat SIM," jelas Sentot kepada Kantor Berita Antara.

Diakui Sentot, perkembangan teknologi informasi saat ini membuat masyarakat cenderung enggan mempelajari aturan berlalu lintas melalui buku dan sejenisnya. Namun lebih memilih menonton video, mengandalkan aplikasi dan bermain game. 

Untuk itu, aplikasi game "Si Tala" yang dengan mudah bisa di-download secara gratis di Google Play Store, hadir menjawab permasalahan tersebut, sehingga dapat membantu mengedukasi masyarakat hanya dengan menjalankan permainannya di handphone.
Sejak memimpin Polres Tanah Laut,  AKBP Sentot Adi Dharmawan memang terus berinovasi membuat beragam terobosan untuk pelayanan Kepolisian lebih baik bagi masyarakat.

Di bidang lalu lintas, sebelumnya Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Laut juga meluncurkan boneka atau badut berkepala Kijang Mas berseragam Polantas bernama SI TALA sebagai kampanye keselamatan di jalan raya.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019