Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad melepas peserta jalan sehat baputik ratik atau jalan sehat sambil memungut sampah, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH HSS) H MK Saputra, di Kandangan Minggu (20/1), mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk menimbulkan kesadaran pentingnya "Baputik ratik" serta budaya hidup bersih dan sehat.

"Kita harapkan nantinya kesadaran membuang sampah tersebut tumbuh, dan masyarakat kita dapat membuang sampah pada tempatnya sekaligus peduli untuk memungut sampah sehingga lingkungan menjadi bersih," katanya.

Jalan sehat baputik ratik Dispera KPLH HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dua ikon baru HSS hadir sambut pergantian tahun

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan, event Ini sebuah inovasi baru yang dilakukan, dimana kegiatan jalan sehat dipadukan dengan sambil memungut sampah dan disisi lain mendukung program pemerintah dapat menciptakan lingkungan hijau dan bersih dari sampah.

Dijelaskan dia, dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan masyarakat yang biasa buang sampah sembarangan akan merasa malu karna harus orang lain yang membersihkannya.

"Kami ingin masyarakat terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya, kalau ada sampah-sampah yang bertebaran akan peduli untuk memungutnya sehingga kota kita benar-benar bersih dari sampah," katanya.

Jalan sehat baputik ratik Dispera KPLH HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Taman Palidangan Sehati raih penghargaan tingkat Nasional

Ia menghimbau, agar masyarakat bisa terlebih dahulu memilih atau menyortir sampah sehingga bisa dipilah yang mana bisa di daur ulang serta masih dapat dimanfaatkan.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Kampung Hijau Wan Barasih Tahun 2018 serta pemenang lomba kebersihan dan keindahan lingkungan.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto dan Wakapolres HSS Kompol Arief Himawan.

Penyerahan hadiah lomba (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019