Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menerima kedatangan 16 mahasiswa asing dari negara Filipina dan Thailand yang melakukan praktik mengajar di Banjarmasin.

Kehadiran mahasiswa dari berbagai universitas di Filipina dan Thailand itu disambut Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Aula 2 Rektorat ULM di Banjarmasin pada Kamis (17/1). 

Turut hadir mendampingi rektor, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas ULM Prof Yudi Firmanul Arifin dan Direktur Kantor Urusan Internasional ULM Arif Budiman.

"Ini program pertukaran mahasiswa antara Indonesia dan negara-negara ASEAN. Di saat bersamaan, ULM juga mengirim mahasiswa FKIP untuk praktik mengajar di sekolah yang ada di Filipina dan Thailand," terang Sutarto.
Menurut dia, program ini sangat bagus dan setiap tahun semakin meningkat peminatnya dari mahasiswa calon guru yang ingin merasakan pengalaman praktik mengajar di luar negeri.

Kemudian bagi pihak sekolah sendiri, juga mendapat keuntungan. Dimana para peserta didik mendapat pengalaman diajar oleh guru asing menggunakan Bahasa Inggris. 

Sutarto juga berharap, kedepannya bisa lebih banyak lagi mahasiswa ULM yang bisa melakukan praktik mengajar di luar negeri. Sebaliknya juga, mahasiswa asing yang minatnya cukup tinggi untuk mencari pengalaman praktik mengajar di Indonesia khususnya di Kalsel juga bisa terus terealisasi.

Pasalnya saat ini, aturan Visa Tinggal Terbatas atau izin tinggal mereka hanya selama 1 bulan, sehingga membatasi waktu mahasiswa untuk menetap lebih lama di negara lain.
Adapun 16 mahasiswa asing yang terdiri dari tiga laki-laki dan 13 perempuan tersebut, diantaranya praktik mengajar di SMAN 2 Banjarmasin, SMKN 4 Banjarmasin, SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, SMPN 1 Banjarmasin, SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin, SD Sabilal Muhtadin Banjarmasin, dan TK Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019