Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar expose rencana pembangunan Islamik senter HSS, bertempat di Aula Rakat Mufakat, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Rabu (16/1), mengatakan maksud dari pertemuan kali ini adalah melanjutkan rencana pembangunan pusat kegiatan Islam atau Islamic Center HSS, dan proses pembangunan Islamik senter ini sudah berjalan, khususnya kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial.

"Untuk tahap pertama pembangunan Islamic Center ini akan membangun masjid disamping banyak bangunan yang ada di sekitar Islamic Center nantinya,  pembangunan Islamic Center ini sangat terbuka bagi yang punya kemauan untuk bisa ikut menjadi bagian dalam pembangunan Islamic Center," katanya.

Expose rencana pembangunan Islamic Center HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Islamic Center di Kabupaten HSS segera dibangun

Dijelaskan dia, Islamic Center ini tidak hanya dibangun oleh pemerintah, tetapi juga menawarkan untuk pihak lainnnya bersama pemerintah agar pembangunan Islamic Center ini bisa cepat selesai dengan semangat membangun bersama, merawat bersama dan menjaga bersama karena Islamic Center ini bukan hanya milik pemerintah.

Ketua MUI Kabupaten HSS KH.Muhammad Riduan Baseri, mengatakan pada periode pertama Bupati merangkul para ulama sehingga dua komponen ulama dan umara bersama-sama membangun Kabupaten HSS.

Dan diawal periode kedua Bupati, bersama-sama merangkul unsur yang ketiga yakni para agniya dengan harapan bisa menjadi contoh keberhasilan pembangunan Islamic Center dengan melibatkan kebersamaan tiga unsur yakni ulama, umara dan agniya.

"Adanya hubungan baik ini akan membuktikan Islamic Center nantinya menjadi sesuatu yang besar, yang akan menginspirasi kemajuan agama, dakwah dan kemajuan ekonomi umat," katanya.

Expose rencana pembangunan Islamic Center HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS ke Indramayu studi tiru pengelolaan Islamic Center
 
Ditambahkan dia, pembangunan Islamik senter ini mengikuti kisah sejarah Rasulullah SAW karena pertama hijrah membangun Masjid Kuba dan Masjid Nabawi, dan yang kedua membangun Pasar Madinah sebagai pondasi kekuatan ekonomi umat.

Jajaran Direksi PT Antang Gunung Meratus (AGM) Yayan Suryana dan Benito Mangkusubroto, menyatakan bahwa pihaknya akan ikut berpartisipasi pada pembangunan masjid Islamic Center, hal senada juga disampaikan Bank Kalsel Syariah akan mengusulkan melalui program CSRnya.

Turut berhadir, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, pengurus MUI Kabupaten HSS, para alim ulama, Penjabat Sekretaris Daerah H.Huberiansyah, Kepala Badan Keuangan Daerah H.Muhammad Noor, perwakilan perbankan,  dan para agniya atau pengusaha yang ada di Kabupaten HSS.

Expose rencana pembangunan Islamic Center HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019