Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry, didampingi Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad menghadiri peringatan Hari Amal Bakti Ke-73 Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2019, bertempat di halaman Kantor Kemenag setempat.

Kepala Kantor Kemenag HSS H Saribuddin, di Kandangan, Kamis (3/1), peringatan kali ini Hari Amal Bakti Kemenag kali ini dilandasi dengan semangat ikhlas beramal dan mengabdi, selalu berkomitmen membangun HSS yang sejahtera, agamis, produktif, cerdas, inovatif, dan teknologis.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati HSS beserta jajaran, atas bantuan dan dukungan kepada jajaran Kemenag Kabupaten HSS selama ini," katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry, pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah, dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini.

Peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kemenag di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda/Antarakalsel)

Baca juga: Peran Ulama HSS jelaskan vaksin MR tingkatkan capaian imunisasi

Dijelaskan dia, keberhasilan pembangunan kehidupan beragama, sangat menentukan hari depan bangsa dan melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama, dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Dalam negara yang berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.

Ditambahkan dia, agar jajaran Kementerian Agama, khususnya di tahun politik sekarang ini, untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, serta menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

Memasuki Tahun 2019, enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yaitu meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan.

Penyematan Satya Lencana (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS letakkan batu pertama pembangunan Mesjid Al Ettihad Loksado

Serta meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama, maka ia berpesan untuk enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyematan Satya Lencana dan penyerahan hadiah lomba olahraga dan seni, dalam rangka Hari Amal Bakti Ke-73 kementerian Agama Tahun 2019.

Turut hadir, Penjabat Sekda HSS H Hubriansyah, para kepala SKPD terkait, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya dan seluruh keluarga besar Kemenag Kabupaten HSS.

Penyerahan hadiah lomba peringatan Hari Amal Bakti (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019