Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Asbullah AS mengajak semua elemen masyarakat, terutama di provinsinya agar bersama-sama mengawasi politik transaksional.

Ajakan tersebut menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, Kamis, sehubungan semakin dekat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres & Pilwapres).

Asbullah yang juga Sekretaris Pengurus Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalsel berpendapat, 2019 merupakan puncak tahun politik.

"Pada puncak tahun politik, juga politik transaksional semakin tinggi dan marak," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/Kabupaten Banjar itu.

Oleh sebab itu, dia mengapresiasi atas keberadaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak hanya sampai tingkat kabupaten/kota dan kecepatan, tetapi hingga desa/kelurahan.

Namun dia berharap, bukan cuma secara struktural keberadaan Bawaslu hingga pedesaan, tetapi betul-betul melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik dan benar pula.

"Tugas dan fungsi Bawaslu tersebut di antaranya mengawasi politik transaksional, dan menindaklanjuti sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku manakala ada temuan," tutur wakil rakyat bergelar sarjana hukum itu 

Selain itu, yang tidak kalah penting yaitu pengawasan dari semua elemen masyarakat (termasuk para fungsionaris  parpol) agar terhindar atau setidaknya meminimalkan berbagai bentuk kecurangan dalam Pemilu nanti, demikian Asbullah.***2***
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019