Batulicin, (Antaranews Kalsel) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyiapkan delapan kapal feri untuk melayani n penumpang menjelang pergantian tahun 2018 ke 2019.

General Meneger PT ASDP Cabang Batulicin Yudhi Yanuar melalui Manager Usaha Marsadik, di Tanah Bumbu, Rabu mengatakan, delapan feri yang disiapkan adalah KMP Bamega, KMP Teluk Cendrawasih, KMP Kerapu III, KMP Gutila dan KMP Awu-Awu.

"Sedangkan tiga kapal swasta yang sudah disiapkan adalah KMP Jembatan Nusantara, KMP Mahakan, dan KMP Truno joyo," kata Marsadik.

Dia menjelaskan, delapan unit kapal tersebut sebelum dioperasikan sudah dicek oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kotabaru dan semuanya dinyatakan layak untuk beroperasi.

Di dalam memberikan pelayanan para calon penumpang kapal pihak ASDP selalu mengedepankan pelayanan dengan mengutamakan keselamatan penumpang, salah satunya memastikan semua jenis armada tidak mengalami kerusakan saat perjalanan.

Satu bulan yang lalu semua kapal milik ASDP naik dok di Pulau Jawa agar benar-benar layak untuk melayani penumpang menjelang Natal dan pergantian tahun.

Kalau dilihat dari pengalaman tahun lalu perayaan Natal dan pergantian tahun tidak ada lonjakan penumpang kapal baik itu di pelabuhan Tanjung Serdang Kotabaru maupun pelabuhan Batulicin Tanah Bumbu.

Namun untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu ada lonjakan ASDP sudah siap untuk mengatasinya.

"Delapan unit kapal yang sudah kami siapkan akan dioperasikan sesuai dengan kondisi di lapangan, apabila pada puncak perayaan Natal dan pergantian tahun melonjak maka semua kapal akan dioperasikan," tambahnya.

Namun, kalau tidak terjadi lonjakan penumpang maka sistem pengoperasian akan diterapkan mengunakan pola enam banding dua, enam beroperasi dua berjaga-jaga.

Saat ini jumlah penumpang tidak signifikan, bahkan jumlah penumpang orang rata-rata dari Pelabuhan Tanjung Serdang-Batulucin dan sebaliknya kurang dari 1.000 penumpang.

Namun untuk penumpang barang seperti kendaraan roda empat mengalami kenaikan sekitar lima persen dari 500 penumpang.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018