Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Memasak adalah aktivitas yang paling digemari Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani. Dia pun kerap mengundang anggota, kerabat hingga mitra kerja untuk merasakan langsung kelezatan masakan olahannya.

Kali ini, para wartawan yang biasa nongkrong bertugas liputan di Polda Kalsel kembali diundang sang kapolda untuk menikmati beragam hidangan hasil olahan tangannya sendiri.

Area outdoor di bagian belakang kediaman dinas Kapolda Kalsel Jalan MT Haryono Banjarmasin pun jadi panggung sang jenderal bintang dua mengolah beberapa resep masakan spesial yang disiapkannya menjamu makan malam rekan jurnalis.
  
Berbeda dengan kesempatan pertama dia mengundang wartawan pada 4 Oktober 2018 lalu yang mengenakan kostum ala chef profesional, kali ini Kapolda beraksi dengan seragam dinas Polri.

Sang jenderal sepertinya tak sempat berganti pakaian, pasca siang harinya keliling ke lapangan mengecek Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di sejumlah lokasi di Banjarmasin.

Namun, penampilannya itu tak lantas mengurangi totalitasnya dalam memasak. Keringat pun nampak membasahi wajah yang terlihat lelah usai bekerja sepanjang hari dan langsung dilanjutkan aktivitas memasak pada malam harinya.
Wartawan yang hadir pun mengaku salut dengan gaya Kapolda yang sederhana dan apa adanya. Sehingga benar-benar jadi tak ada jarak antara pejabat Polri berpangkat tinggi dengan jurnalis sebagai mitra kerjanya.

"Sungguh suatu kebanggaan bagi kita semua teman-teman wartawan dijamu makan malam oleh kapolda dengan masakan yang dibuat sendiri oleh beliau. Bahkan dilayani pula tanpa ada jarak sama sekali. Terima kasih jenderal, semoga selalu sukses dalam tugas," ucap Iman Satria, fotografer sebuah koran harian.

Apresiasi yang sama juga terucap dari sejumlah tamu undangan lainnya yang turut hadir. Karena malam itu, Kapolda tak hanya menjamu wartawan, tetapi juga mengajak serta para pimpinan TNI di Kalsel untuk bergabung.

Seperti Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman dan wakilnya Kasrem Letkol Inf Rudi Namsyah. Kemudian ada juga Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto serta perwakilan dari Lanud Sjamsudin Noor yang mewakili Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko.
Sedangkan di jajaran petinggi Polda Kalsel lengkap hadir mulai Wakapolda Brigjen Pol Aneka Pristafuddin, Irwasda  Kombes Pol Djoko Poerbo Hadijojo, Karo Ops Kombes Pol Isdiyono hingga para Karo, Direktur dan Kabid serta Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto dan wakilnya AKBP Rahmat Budi Handoko.

Saat ditanya kapan hobi memasaknya dimulai, Kapolda mengaku hobi memasak sejak kecil. Dia hanya belajar secara otodidak dengan melihat orang masak serta para chef atau koki profesional di televisi atau video internet.

"Masak itu enak kalau masaknya dengan hati," kata Yazid kepada Kantor Berita Antara.
Ketika dicecar pertanyaan mengenai masakan favoritnya, Kapolda tengah asik mengolah daging wagyu.

"Saya suka masak ikan. Kalau sekarang wagyo, kebetulan dapat daging kobe bagus," tuturnya.

Dia pun mengaku pernah gagal dalam memasak ketika masih tahap-tahap awal belajar. Namun dengan terus mencoba memasak, akhirnya bisa menyempurnakan hasil masakan untuk bisa lebih.
Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyajikan salmon panggang teriyaki dan nasi goreng dengan minuman spesial es jagung. 

Semua yang hadir pun menikmati hidangan yang langsung diolah sang jenderal dibantu ajudan dan sejumlah anggotanya yang kini juga nampak mahir mengolah masakan dari virus hobi masak yang ditularkan pimpinannya tersebut.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018