Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Sosial (Dinsos) HSS menggelar peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2018, bertempat di halaman kantor dinas setempat.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Selasa (18/12), mengatakan apresiasi dan kegembiraannya dengan pelaksanaan Peringatan HKSN, kali ini diadakan dengan suasana yang terasa tidak kaku dan formal.

"Kami menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh potensi sosial yang ada di Dinsos HSS, yang selama ini menjadi ujung tombak dalam bersosialisasi dengan masyarakat," katanya, saat menyampaikan sambutan.
 

Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan untuk korban kebakaran Mandala

Menurut dia, potensi sosial adalah pahlawan di tengah masyarakat, terutama dalam penyaluran dan pendampingan segala program pemerintah ke tengah-tengah masyarakat.

Sukses tidaknya segala program pemerintah daerah khususnya di HSS, sangat tergantung kepada pendekatan dan perllaku potensi sosial di tengah masyarakat, dan pihaknya sangat berterima kasih atas segala jerih payah yang tak kenal lelah dari potensi sosial Dinsos HSS.

Ia menghimbau, kepada masyarakat yang berkelebihan, agar dapat berbagi dengan masyarakat yang masih kurang beruntung, bantuan pemerintah sangat terbatas, sehingga dibutuhkan peran serta dari para warga yang memiliki kelebihan hartanya untuk membantu.

"Perlu kebersamaan dalam mensukseskan segala upaya dalam pengentasan kemiskinan di daerah kita, dan di Tahun 2019 ini program yang akan segera diluncurkan pemerintah daerah adalah program Jaminan Kesehatan BPJS Semesta bagi seluruh masyarakat HSS," katanya.
 

Perkenalan Potensi Sosial Dinsos HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS terima kunjungan kementerian pembangunan manusia dan kebudayaan

Peringatan HKSN kali ini, diikuti oleh seluruh jajaran Potensi Sosial yang ada di Dinas Sosial HSS, dan seperti peragawan dan peragawati mereka sepasang demi sepasang diperkenalkan diri kepada para undangan.

Perkenanan ini sekaligus penjelasan tentang tugas dan fungsinya selama ini, para Potensi Sosial ini terdiri dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, Samping Desa, Tagana, Pendamping Disabilitas, Pendamping PKH, Pendamping Aslut (Lansia), Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu), Pendamping BPNT dan Tenda Biru Sehati.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan bantuan secara perwakilan kepada masyarakat penerima manfaat dari berbagai kalangan dengan jenis bantuan sesuai dengan potensi masing-masing.

Relaksasi dari para penyandang disabilitas (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dinsos siap berkontribusi wujudkan visi misi Sehati Cinta HSS

Dalam kesempatan ini Bupati HSS beserta Ketua TP. PKK HSS Hj. Isnaniyah Achamd Fikry, serta Ketua DPRD H. Akhmad Fahmi juga sempat direlaksasi oleh para penyandang disabilitas, yang telah mempelajari keterampilan ini dari Balai Pelatihan Wisma Netra Banjarbaru.

Selesai acara Bupati HSS dan para undangan diberikan kenang-kenangan dari Dinsos HSS, kemudian dengan seluruh Potensi Sosial dan masyarakat, makan bersama di tenda yang telah dipersiapkan.

Turut hadir, para Kepala OPD di lingkup Pemkab HSS, para camat, pimpinan BUMN  dan BUMD, jajaran Dinsos HSS, seluruh potensi sosial dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Makan bersama (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018