Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Seksi Surat Izin Mengemudi (SIM) Subdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel membuat video "Tutorial Ujian SIM" di chanel Youtube guna mempermudah masyarakat belajar.

Diharapkan pemohon SIM bisa benar-benar mempelajarinya sebelum menjalani ujian teori dan praktik saat membuat SIM baru.

"Tutorial ini dibuat agar masyarakat lebih leluasa belajar melalui Youtube yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Tinggal ketik di Youtube 'SIM Polda Kalsel' ada beberapa judul seperti bocoran materi soal teori ujian SIM C dan prakteknya, Nomor 10 bikin penasaran. Kemudian berhasil lulus uji simulator begini triknya serta tutorial ujian simulator dijamin lulus," terang Kasi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel Kompol Dese Yulianti, Rabu (12/12).

Dese mengungkapkan video yang ada di tutorial tersebut dibuat memang untuk memudahkan masyarakat belajar di rumah dengan leluasa. Sehingga bisa mempraktekkannya juga sesuai apa yang akan diujikan.

"Semoga kedepannya angka ketidaklulusan saat ujian pemohon SIM baru bisa ditekan yang selama ini cukup tinggi akibat ketidakpahaman masyarakat menjalani tes baik menjawab soal teori maupun praktik berkendara," jelas Polwan berhijab ini.
Dese pun mengimbau masyarakat untuk tidak berpikir jika memperoleh SIM merupakan hal yang sulit. Karena sepanjang serius belajar dan memiliki kualifikasi serta pengetahuan tentang lalu lintas, maka dipastikan dokumen legalitas bagi seorang pengendara kendaraan bermotor itu bisa didapatkan.

"Karena SIM merupakan kualifikasi pengendara kendaraan bermotor untuk layak berkendara di jalan raya. Jadi tidak sembarang orang bisa mendapatkannya demi keselamatan baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya," tandas Dese.

Tutorial Ujian SIM ini sendiri sempat disosialisasikan ketika acara "Police go to Campus" di halaman Rektorat Universitas Lambung Mangkurat pada Rabu (12/12).

Masyarakat menyambut antusias inovasi dari Seksi SIM Ditlantas Polda Kalsel tersebut dan semakin optimis bisa melalui ujian SIM nantinya. Bahkan banyak mahasiswa yang langsung dipersilahkan mencoba ujian simulator SIM yang tersedia.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018