Paringin, (Antaranews Kalsel) - Penggiat Sosial Sahabat Balangan Centre (SBC), di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya membantu masyarakat dengan berbagai program sosial yang diselaraskan dengan program pemerintah daerah bahkan secara nasional.

Secara keseluruhan, tutur Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC) Dewi Purwanti, Kamis (29/11) kegiatan ini lebih kepada kepedulian terhadap lingkungan sosial masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Balangan dalam upaya meringankan beban warga yang patut dibantu, bahkan turut pula dalam membantu pemerintah secara nasional dalam upaya memberikan pelayanan kepada warga negara, khususnya para kaum membutuhkan.

"Seperti kata pepatah lama yang mengungkapkan, Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu. Untuk itulah kita harus turut memberi andil kepada masyarakat, dan bukan hanya bisa menyalahkan pemerintah, tanpa berbuat apa-apa," ungkapnya.

Banyak sekali program-program pemerintah yang bisa kita selaraskan untuk berupaya membantu warga, terutama dalam bidang kesehatan melalui JKN-KIS program BPJS-Kesehatan, kemudian program beasiswa pendidikan dan program pendidikan paket di SKB, serta program Balai Latihan Kerja, belum lagi program-program perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Bumi Sanggam.

Selanjutnya, jika upaya kita terbentur sistem seperti bedah rumah program pemerintah melalui dinas sosial, dimana salah satu aturan mengharuskan adalah kepastian kepemilikan lahan, maka bisa diupayakan melalui swadaya anggota serta sumbangan para donatur.

"Akan ada banyak cara untuk membantu warga jika memang ada niat, asal jangan didasari oleh adanya kepentingan pribadi dan golongan, apalagi kepentingan politik," jelasnya.

Disebutkan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Sahabat Balangan Centre (SBC) diantaranya, Berbagi Sembako, Parsel Lebaran, Berbuka puasa bersama Dhuafa, Bantuan Program Kesehatan yang diselaraskan dengan raihan Universal Health Coverage (UHC) Awards program BPJS-Kesehatan yang diraih Pemkab Balangan, Rehab dan Bedah Rumah.

Selanjutnya WC Sehat, Sahabat Donor Darah SBC, Pembinaan dan permodalan UKM bagi masyarakat kurang mampu, Biaya masuk perguruan tinggi serta biaya semesteran warga kurang mampu, pembiayaan pendidikan, dan yang paling penting adalah pendataan serta kunjungan kepada warga yang terdata dalam golongan patut untuk diberikan bantuan, pungkasnya.
Baca juga: Capaian UHC Award dimanfaatkan SBC untuk membantu warga

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018