Paringin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di daerah, diminta untuk lebih bisa dalam mengelola Info Publik dengan mengedepankan promosi daerah serta informasi terkait terobosan dan inovasi bagaimana kinerja pemerintah daerah dalam menangani berbagai permasalahan pemerintahan.

Dalam sebuah kunjungan kerja Tim Info Publik Diskominfo Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, ke Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jumat (23/11) lalu, dijelaskan Nurlaili, Kasubdit Media Online, bahwa fungsi Informasi Publik yang dikelola oleh Kemenkominfo merupakan upaya memberikan pencerahan kepada publik terkait kinerja pemerintah yang selaras dengan program pemerintah secara nasional.

"Intinya Kemenkominfo mempunyai peran penting dalam promosi daerah serta menyampaikan kinerja pemerintah dalam menangani berbagai hal, baik secara terobosan yang dicapai, maupun inovasi-inovasi untuk menjalankan pemerintahan yang baik sesuai dengan undang-undang," tuturnya.
 

Redaktur Nusantara, Eka Yonavilbia, dan Noor Yanto, saat memberikan penjelasan terkait pengelolaan Info Publik Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI. (Antara Kalsel/Roly Supriadi)

Senada, Redaktur Nusantara Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Noor Yanto dan Eka Yonavilbia menegaskan, bahwa tugas Kominfo melalui Informasi Publik tidak seperti media-media swasta lainnya. Info Publik tidak berbasis bisnis, namun lebih kepada penerangan dan merangkul kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah.

"Masing-masing Dinas Kominfo di daerah sudah seharusnya memberikan informasi kepada publik terkait bagaimana kinerja pemerintah daerah dalam membuat terobosan serta pemecahan masalah di pemerintahan yang mereka hadapi. Jangan sampai ikut-ikutan menyebar tulisan yang bisa menjadi provokasi, seakan-akan pemerintah daerahnya tidak mempunyai cara memecahkan permasalahan pemerintahan," jelasnya.

Bahkan, kedua Redaktur Nusantara ini lebih menekankan agar para tim Info Publik di daerah agar lebih mengejar promosi daerahnya masing-masing, terutama terkait ragam seni dan budaya, kekayaan khas daerah berupa wisata dan kuliner, serta berbagai kerajinan karya asli daerah.

"Selain sebagai bacaan bermanfaat yang bisa menambah wawasan nilai budaya di Indonesia, juga sebagai penyeimbang antara HardNews dengan SoftNews. Karena terkadang masyarakat juga bosan jika setiap hari harus membaca berita kriminal, issue politik, dan lain sebagainya," pungkasnya.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018