Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) serta Dinas Kesehatan HSS menggelar acara program pendampingan dan pelayanan kesehatan ibu hamil pra sejahtera.

Ketua Panitia Pelaksana H. Sayuti HD, di Kandangan, Rabu (28/11), mengatakan tujuan diluncurkannya program tersebut adalah untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan bayi atau balita dari keluarga fakir miskin.

"Serta meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan ibu hamil dan bayi dari keluarga fakir miskin, membantu meningkatkan pertumbuhan bayi dan balita yang sehat dan normal," katanya.

Dijelaskan dia, sasaran dari program ini adalah ibu hamil golongan asnaf zakat, fakir dan miskin, dengan jenis bantuan yang diberikan berupa penyuluhan, pemeliharaan, pelayanan dan pemeriksaan kesehatan kehamilan, pemberian makanan bergizi dan bernutrisi serta pemberian santunan persalinan.

Program pendampingan dan pelayanan kesehatan ibu hamil pra sejahtera
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS tekankan pentingnya kebersamaan kerja layani masyarakat

Ketua Baznas Provinsi  Kalsel H Rusdi Effendi AR, mengatakan, di Kalimantan Selatan Baznas yang paling aktif memeberikan laporan adalah Baznas HSS, serta mendapat dukungan penuh dan bantuan dari Bupati HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengatakan di Kabupaten HSS untuk ibu hamil dari keluarga miskin telah mendapatkan kemudahan untuk memeriksakan kesehatan karena hampir semua desa terdapat Poskesdes dengan bidan desanya.

“Ibu hamil jangan ragu untuk berkonsultasi masalah kehamilan baik ke Posyando maupun layanan kesehatan di Poskesdes,” katanya, saat memberikan sambutan, bertempat di Aula Sehati, Kandangan.

Ia mengatakan, bersyukur atas diserahkannya bantuan asupan makanan bagi ibu hamil, menurut dia bayi yang ada dalam kandungan harus mendapatkan asupan gizi yang cukup seperti sayur, buah, ikan dan lainnya.

Program pendampingan dan pelayanan kesehatan ibu hamil pra sejahtera
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pergerakan massa Germas HSS cegah stunting

Program ini juga sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Gubernur Kalsel yaitu Gerakan Masyarakat Sehat, yang salah satu poinnya adalah mengkonsumsi sayur-sayuran.

“insyaallah dalam rangka Hari Jadi Ke-68 Kab. HSS nanti kita akan melaksanakan gerakan makan sayur, buah dan ikan tanpa nasi, semangat untuk menjadikan masyarakat hidup sehat akan terus kita galakkan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati HSS juga menyerahkan bantuan simbolis kepada ibu hamil, bantuan pembangunan masjid Al Ettihad Loksado,bantuan pembuatan mimbar di Masjid Al Magfirah Riam Talu Desa Hamak Utara,serta bantuan Program HSS Peduli Bencana.

Turut berhadir, Kepala Kementrian Agama Kabupaten HSS H Saribuddin, Pengurus Baznas HSS, para bidan dan ibu hamil penerima manfaat program layanan kesehatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018