Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan peringatan maulid adalah sebagai salah perwujudan cinta terhadap Rasulullah SAW, dan sejalan dengan program pemerintah Kabupaten HSS lima tahun kedepan.

Ia mengatakan, program tersebut yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat didunia dan akhirat, penekanan akhirat adalah untuk semakin menyadarkan masyarakat bahwa waktu hidup didunia hanya sesaat sehingga manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin untuk bekal di akhirat kelak.

Peringatan Maulid Nabi di Jiran Langgar Nurul Amin,
Desa Gambah Luar Muka (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Habib Segap ajak kerahkan daya tunaikan Hajat Nabi Muhammad

“Kami dari pihak pemerintah yang merencanakan program ini sudah memulai, saat masuk kerja diawali dengan membaca Al Qur’an,” katanya, saat menghadiri peringatan Maulid di Jiran Langgar Nurul Amin, Desa Gambah Luar Muka, Kecamatan Kandangan, Minggu (25/11).

Dijelaskan dia, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik rapat dan lainnya tidak boleh berbenturan waktu shalat berjamaah dan jika dulu saat rapat terdengar adzan maka rapat akan distop untuk menghormati,sekarang ini waktu rapat disesuaikan jangan sampai melewati waktu shalat agar semua PNS bisa melaksanakan shalat berjamaah.

Di Desa Gambah Luar Muka ini khususnya Jiran langgar Nurul Amin, warga melaksanakan "Maulid Sakampungan”, yaitu tradisi peringatan maulid nabi yang dilaksanakan bersamaan hampir di tiap rumah warga, tradisi ini masih dijaga oleh masyarakat HSS saat tibanya bulan Rabiul Awwal, bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Bupati HSS hadir memenuhi undangan dari H. Ardiansyah yang merupakan Wakil Bupati HSS periode 2008-2013 dan 2013-2018, di rumah ini dilaksanakan pembacaan Maulid Habsyi yang dilanjutkan dengan ceramah agama atau tausiyah yang disampaikan Ustad Tarmiji dari Nagara.

Wakil Bupati HSS Periode 2008-2013 dan 2013-2018
H. Ardiansyah (kanan)  (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS hadiri peringatan Maulid Nabi di Mesjid Ar-Raudah

Sesuai tradisi, jika di rumah masing-masing sudah selesai melaksanakan pembacaan maulid maka para tamu undangan akan pergi bersama-sama menuju langgar ataupun masjid.

Langgar Nurul Amin atau sering disebut dengan "Langgar Bakaca" menjadi tempat puncak dilaksanakannya “Maulid Sakampungan”, di Desa Gambah Luar Muka Kecamatan Kandangan ini juga diisi dengan tausiyah oleh KH Ahmad Khairinnor dari Kecamatan Padang Batung.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018