Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) H Hubriansyah membuka kegiatan seminar kesehatan penatalaksanaan protein energy malnutrisi di rumah sakit dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), bertempat di Sanggar Pramuka.

Ketua Pelaksana Misda Haryati, di Kandangan, Kamis (15/11), mengatakan semnar ini selain memperingati Hari Ulang Tahun ke-31 RSUD Brigjend H.Hassan Basry, juga digelar dalam rangka memeriahkan Hari kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018.

"“Diharapkan para peserta dapat mengingat kembali dan menambah ilmu, bahwa selain merawat pasien maka pemberian makanan bergizi juga mampu mempercepat kesembuhan pasien," katanya.

Pj Sekda HSS H Hubriansyah (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS harapkan BPJS segera bayarkan tunggakan

Dijelaskan dia, untuk pembicara H.Arman Dwi Dharma dengan materi “Penatalaksanaan protein energi malnutrisi di Rumah Sakit dalam Era JKN, kemudian Taufik Rahmadi dengan materi “Tata laksana nutrisi pada malnutrisi energi protein”.

Selanjutnya, pembicara Rina Handayani menyampaikan materi  tentang “Pentingnya kolaborasi tenaga medis dan ahli gizi dalam pendokumentasian diagnosis malnutrisi”.

Seminar kesehatan penatalaksanaan protein energy malnutrisi di rumah sakit
dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: RSUD Kandangan launching aplikasi Roket dan pembayaran nontunai

Pj SekdaHSSH Hubriansyah, mengatakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dimaksudkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia dengan memperluas cakupan secara bertahap, hingga pada tahun 2019 tercapai jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage.

Menurut dia, JKN juga dimaksudkan untuk kendali mutu dan kendali biaya dalam pelayanan kesehatan, memperkuat pelayanan kesehatan primer dan sistem rujukan, serta mengutamakan upaya promotif-preventif, termasuk melembagakan perilaku mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018