Kandangan, (Antaranews Kalsel) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry melaunching aplikasi Registrasi Online Kerumah Sakit (Roket) dan pelayanan loket prioritas bagi pasien rawat jalan, serta kerja sama pengembangan sistem pembayaran non tunai secara elektronik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjen H Hasan Basry, Kandangan.

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Kehumasan Sekretariat Daerah(Setda) HSS Eko Harjidi Putra, di Kandangan, Rabu (17/10), mengatakan aplikasi Roket tersebut merupakan salah satu wujud pelaksanaan program kerja Sehati Plus Cinta.

"Program tersebut dijabarkan dalam salah satu misi RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, yaitu mengembangkan manajemen modern berbasis teknologi informasi dengan motto Capat, Kada Ngalih, Kada Larang (Cangkal)," katanya.

Penandatangan kerja sama pengembangan sistem pembayaran
non tunai secara elektronik (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Rumah sakit Kandangan berikan pelayanan kerohanian selain kesehatan

Dijelaskan dia, aplikasi Roket ini memiliki fasilitas registrasi rawat jalan bagi pasien BPJS dan pasien umum, pasien dapat melihat seluruh antrian poliklinik secara online dan real time sehingga pasien tidak perlu lama menunggu di ruang tunggu.

Pasien cukup datang 15 sampai dengan 30 menit sebelum nomor antrian dipanggil, serta pasien dapat melihat riwayat kunjungan berobat ke rumah sakit dan tersedianya formulir isian untuk pengaduan pelayanan.

Sedangkan, kerja sama pengembangan sistem pembayaran non tunai secara elektronik ini merupakan pelaksanaan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 910/186/SJ dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 7 Tahun 2018 tentang pelaksanaan transaksi non tunai.

"Bentuk kerjasama ini diimplimentasikan dengan penggunaan BNI direct, electronic data capture dan akan dikembangkannya pembayaran pelayanan registrasi rawat jalan bagi pasien umum serta pelayanan lainnya secara online, melalui aplikasi Roket dengan fasilitas transaksi pembayaran non tunai dari BNI," katanya.
 

Launching aplikasi Roket dan pelayanan loket prioritas bagi pasien rawat jalan,
serta kerja sama pengembangan sistem pembayaran non tunai secara elektronik
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: RSUD Kandangan Terapkan Peduli Ibadah

Selain itu, sebagai salah satu rumah sakit yang mendapatkan akreditasi paripurna, saat ini sudah dibuka loket prioritas bagi pasien BPJS yang difabel atau pasien berkebutuhan khusus, Lansia berumur 60 tahun ke atas, bayi-batita-balita dan ibu hamil, dan loket prioritas ini  merupakan loket khusus untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat disaat registrasi.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan kerja sama antara RSUD Kandangan dengan BNI 46 Tbk tentang pengembangan sistem pembayaran non tunai secara elektronik untuk pelayanan di RSUD, tentunya bertujuan memberikan kemudahan bagi para pasien dalam memperoleh pelayanan yang prima.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018