Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dan Rapat Koordinasi(Rakor) Tim Inovasi Kabupaten (TIK).

Sekretaris Dinas PMD Balangan Aspariah, di Paringin, Selasa (13/11), mengatakan sosialisasi sekaligus rakor ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13 hingga 14 November 2018, bertempat di Gedung Mayang Maurai.

"Kegiatan ini menjadi wahana untuk konsulidasi dan evaluasi Program Inovasi Desa (PID) tahun 2018 dan mensosialisasikan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)  dari masing-masing pihak dalam menyukseskan program dimaksud," katanya.

Dijelaskan dia, diketahuinya tupoksi diharapkan makin meningkatkan pengetahuan akan inovasi desa dan terwujudnya koordinasi, pengawasan dan penguatan kapasitas fungsional sehingga terwujud institusi yang kuat dengan kinerja baik dalam upaya membangun desa dan pemberdayaan masyarakat.
 
Sosialisasi P2KTD dan Rakor TIK Dinas PMD Kabupaten Balangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Pemkab Balangan buka rekruitmen penyedia peningkatan kapasitas teknis desa

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Fauzi, mengatakan P2KTD tidak akan menggantikan bentuk pendampingan desa lainnya, dan pendampingan akan disesuaikan dengan potensi dan permasalahan yang ada di desa masing-masing.

"Melalui P2KTD ini pemerintah merangkul banyak elemen, termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), masyarakat dan swasta, untuk bersama-sama mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan desa," katanya, saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan mewakili Bupati Balangan H Ansharudin.

Dijelaskan dia, P2KTD ini harus merupakan sebuah lembaga profesional yang kehadirannya bisa membantu desa dan pendamping desa untuk menyediakan layanan teknis dalam bidang infrastruktur, pengembangan SDM, kewirausahaan dan ekonomi lokal.

Semua pendampingan ini bukan sekedar untuk membantu desa mewujujdkan cita-cita, bukan untuk memanjakan desa dengan berbagai dukungan dan kemudahan akan tetapi dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas teknis pemerintahan desa, mempersiapkan kader desa, dan menumbuhkan kerjasama tim dalam membangun desa.
 
Sosialisasi P2KTD dan Rakor TIK Dinas PMD Kabupaten Balangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Pemkab Balangan Segera Tuntaskan Irigasi Pitap

"Tujuannya adalah untuk kemandirian, dan kemandirian meliputi semua aspek, termasuk mental SDM, dan mental kemandirian ini menjadi prasyarat mutlak agar desa dan masyarakatnya bisa menajdi pelaku utama dalam mengejar kemajuan dan kesejahteraan," katanya.

Peserta kegiatan ini terdiri dari unsur, Pengurus TIK kabupaten,  para camat se Kabupaten Balangan,  Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Balangan,  para tenaga ahli pendaming desa dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018