Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dalam rangka kegiatan non fisik Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, Kodim 1003 Kandangan bersama Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Hulu Sungai Selatan (HSS) lakukan pembinaan budidaya tanaman Karet kepada petani setempat.

Dandim Kandingan Letkol Infanteri Suhardi Aji, di Malilingin, Senin (5/11), mengatakanpembinaan kali ini membahas tentang tehnik, dan tata cara budidaya tanaman Karet yang baik dan benar.

Baca juga: Anggap Satgas TMMD anak sendiri emak-emak sediakan kolak Pisang

"Pembinaan budidaya tanaman Karet serta menoreh getah karet ini penting dilakukan, mengingat struktur dan mata pencarian petani di Kecamatan Padang Batung sebagian adalah petani tanaman karet," katanya.

Dijelaskan dia, melalui pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani dalam mengelola usaha tani untuk meningkatkan hasil yang berkualitas dari perkebunan karet sehingga dapat menambah nilai ekonomi petani dan keluarganya.

Bertindak sebagai pemateri Suryani dari BPP HSS mengupas mengenai tata cara budidaya karet dari semua aspek mulai dari penanaman, pemeliharaan hingga cara menoreh karet agar hasilnya bagus baik secara kuantitas maupun kualitas.

Baca juga: Satgas TMMD bersama warga renovasi Masjid Nurul Ikhsan

Dijelaskan dia, tanaman karet merupakan salah satu tanaman jangka panjang yang dan paling banyak dibudidayakan masyarakat dan juga sebagai investasi yang sangat menjanjikan.

Selain itu, Karet mempunyai arti penting dalam aspek kehidupan sosial ekonomi masyarakat, komoditi ini sampai saat ini menjadi penghasil devisa negara serta sebagai tempat persediaanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar lokasi TMMD.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018