Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan telah menerima sebanyak 5.750 kotak suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Kotabaru Dodi Rusmana, Jumat mengatakan ribuan kotak suara ini dikirim dari Banjarmasin lewat jalur darat menggunakan truk.

"Ada enam buah truk, lima truk berisi masing-masing 200 set dan satu truk berisi 150 set. Jadi, total semuanya 1.150 set, sedangkan satu set isinya lima kotak suara,? jelasnya.

Kotak suara ini selanjutnya disimpan di sebuah ruko di Jalan Hasan Basri Desa Semayap, Kecamatan Pulau Laut Utara, yang disewa untuk dijadikan gudang logistik pemilu.

Sebelumnya KPU Kabupaten Kotabaru menghitung jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019 sebanyak 1.114 buah.

Saat ini pemutakhiran data pemilih terus berjalan, namun kemungkinan tidak akan memengaruhi jumlah TPS. Kalaupun bertambah, jumlah kotak suara yang ada diperkirakan tetap cukup.

"Kami menghitung range TPS dari 1.114 buah sampai 1.118 buah, jadi kalaupun bertambah masih mencukupi," kata Dodi.

Kedatangan kotak suara ini merupakan distribusi logistik pemilu tahap pertama, sedangkan logistik lainnya seperti bilik suara dan surat suara berikutnya akan menyusul.

"Info terakhir tahap berikutnya bilik suara, ini cuma menambah kekurangan yang ada, karena masih ada stok yang bisa dipakai," tambahnya.

Saat ini pengamanan di gudang logistik pemilu KPU Kabupaten Kotabaru belum terlihat mencolok dan hanya dijaga seorang security pada malam hari. Pengamanan akan ditingkatkan jika sudah dinilai urgen dengan melibatkan kepolisian.

 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018