Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan gelar Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mahasiswa PTS Kalimantan Selatan, Jumat - Minggu, 26-28/10/2018. 

Acara ini terpusat di Ballroom Hotel Dafam Syariah Banjarbaru dan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa PTS di Kalimantan Selatan, sebanyak 76 peserta. Kegiatan Workshop ini berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan proposal PKM yang berkualitas kepada mahasiswa.

Dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan melalui Kepala Bidang Akademik dan Sumberdaya, Rinawati Agustina. Ia menyampaikan PKM dikembangkan untuk mengasah kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi.

"PKM dikembangkan untuk mengasah kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi," katanya.  

Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Kegiatan Workshop ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa yang akan menyusun proposal PKM.

Acara yang diikuti dengan antusias oleh mahasiswa ini dilaksanakan dalam beberapa sesi dengan menghadirkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidang penulisan ilmiah dan  penulisan proposal PKM.
 
. (Antaranews Kalsel/Muhammad Adie Karya)

Nordiansyah Firahmi menjadi pembicara pada sesi pertama dengan tema memilih program yang ada di PKM. Pada sesi ini diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk mulai menulis PKM dan dapat mengetahui kreteria mana ide PKM yang  sesuai dengan judul dan titik tekan penulisan.

Sesi selanjutnya dipaparkan oleh narasumber kedua, Noer Komari dengan tema teknik penulisan proposal PKM Penelitian dan PKM Penerapan Teknologi.

Dilanjutkan pada hari besoknya oleh narasumber ketiga, M. Faisal Mahdie, dengan tema teknik penulisan proposal PKM Pengabdian kepada Masyarakat dan PKM Kewirausahaan. 

Teknik penulisan proposal PKM Karsa Cipta dan teknik penulisan proposal PKM Karya Tulis (Gagasan Tertulis dan Artikel Ilmiah) dipaparkan dengan sangat semangat oleh narasumber keempat, Suhaili Anwar.

Acara ditutup dengan paparan kembali oleh Nordiansyah Firahmi yaitu menyaimpaikan proposal melalui Simbelmawa.

Workshop PKM ini tidak hanya sekedar memberikan materi kepada peserta tetapi  terdapat pula  praktek penulisannya. Seluruh peserta workshop diberikan kesempatan untuk menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan atau proposal.

Tulisan ini merupakan sebuah simulasi atau kerangka perfikir sebelum membuat sebuah PKM. Format penulisannya meliputi jenis PKM, permasalahan yang ada hingga solusi yang ditawarkan oleh penulis PKM.

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan berjalam dengan sukses, melihat antusias peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini.

Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM dan kegiatan ini menjadi sebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa, khususnya PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI.

Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan/Muhammad Adie Karya

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018