Barabai, (Antaranews Kalsel) - Masyarakat Desa Kayu Rabah Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel, berhasil memanen padi seluas 13 Hektar.

Acara panen tersebut juga secara beramai-ramai dihadiri sekitar lima ratusan warga yang dibarengi dengan acara syukuran atas melimpahnya hasil panen padi mereka, Minggu (21/10) di hamparan sawah Desa Kayu Rabah.

Panitia pelaksana dari Kelompok Penangkar Benih Paring Banyak yang diketuai oleh M Syaifullah menyampaikan panen padi kali adalah jenis padi In Pagu 8.

"Alhamdulillah pada tahun ini hasil panen kita melimpah dan untuk saat ini yang dipanen adalah sekitar 13 hektar," katanya.

Menurutnya, walaupun demikian pihaknya masih sangat memerlukan dukungan maupun bantuan semua pihak baik itu Pemerintah maupun para Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten maupun calon anggota DPR lainnya agar pertanian di wilayah rawa ini terus meningkat dan petaninya sejahtera.

Karena saat itu turut berhadir Caleg DPR RI dapil 1 yang juga merupakan Ketua DPW Partai NasDem Kalsel H Guntur Perwira, SE, Dia juga berharap para calon Senator di tingkat pusat yang terpilih nanti mampu menyuarakan aspirasi para petani.

Agar pertanian di HST terus meningkat dan menjadi lumbung pangan tidak hanya se Kalsel tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pangan di Provinsi tetangga.

"Semoga para Caleg yang peduli terhadap petani seperti Bapak H Guntur Perwira ini nanti terpilih menjadi salah satu Anggota DPR RI mewakili Dapil 1 Kalsel," katanya.

H Guntur mengungkapkan akan mendukung serta fokus mengupayakan peningkatan sektor pertanian di Kalsel dan juga khususnya di wilayah Bumi Murakata agar petaninya lebih sejahtera dan hasil panennya melimpah serta menyuarakan aspirasi-aspirasi mereka.

Menurutnya para petani itu merupakan profesi yang sangat terhormat, tanpa mereka mungkin para pejabat ataupun yang lainnya tidak bisa menikmati nasi yang selama ini kita makan sehari-hari.

Untuk itu, pertanian harus menjadi prioritas utama dalam fokus program-program pembangunan.

Selanjutnya Dia juga memberikan motivasi agar para petani harus semangat dan lebih giat lagi dalam usaha sektor pertanian.

"Ke depannya masyarakat harus lebih banyak lagi membuka lahan-lahan kosong supaya desa kayu rabah dan sekitarnya dapat menjadi penyangga pangan daerah HST," kata H Guntur.

Turut hadir saat itu para tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Kayu Rabah, Ketua DPD NasDem HST Tri Bunadi dan ketua Bappilu NasDem HST yang juga merupakan Caleg Dapil 1 DPRD HST Taufik Rahman.

Baca juga: Akhir Oktober, pedagang harus pindah ke pasar Agrobisnis Barabai
Baca juga: Penertiban pasar Keramat Barabai akan dimulai Kamis ini
Baca juga: KPU HST launching Gerakan Melindungi Hak Pilih

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018