Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - JAPFA Foundation bersama PT JAPFA Comfeed Indonesia, Tbk beserta unit-unit usaha seperti PT Ciomas Adisatwa, Best Meat dan Japfa Group menyatakan berkomitmen mendukung ketahanan pangan Nasional di Provinsi Kalimantan Selatan. 
         
Head of JAPFA Foundation, Andi Prasetyo di Banjarmasin, Sabtu, menyatakan, bentuk komitmen itu diwujudkan, satu diantaranya dengan keikutsertaan JAPFA Foundation dan Japfa Group dalam perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018, yang dipusatkan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 18-21 Oktober 2018. 
       
Menurut dia, sebagai organisasi kemanusiaan yang juga ikut berpartisipasi dalam program-program pengentasan kelaparan dan pemerataan pangan Nasional, JAPFA Foundation dan Japfa Group hadir dalam pameran gelar teknologi pangan, kampung peternakan, kampung perkebunan, kampung tanaman pangan, kampung hortikultura dan kampung lestari. 
       
Hingga saat ini, ungkap dia, JAPFA Foundation sudah melakukan beberapa kegiatan terkait ketahanan pangan Nasional. Selain itu, juga memiliki beberapa program yang bisa diperlihatkan kepada hadirin maupun pengunjung pameran pada perayaan HPS 2018.
       
"JAPFA Foundation bersama Japfa Group dalam menghadiri kegiatan ini sebagai ajang unjuk kegiatan yang selama ini telah dilakukan," jelas Andi Prasetyo.
         
Sementara itu, fokus terhadap ketahanan pangan dalam skala Nasional, tegas Andi, telah cukup lama menjadi perhatian JAPFA Foundation. Dan ini kemudian dibuktikan dengan terbentuknya program-program ketahanan pangan dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemerintahan.
       
Andi menambahkan, di samping sebagai unjuk kegiatan, pihaknya berharap keikutsertaan JAPFA Foundation dan Japfa Group pada perayaan HPS 2018 bisa menarik para pengunjung umum maupun stakeholders lain agar bisa ikut berpartisipasi dalam program ketahanan pangan yang sudah diinisiasikan ke berbagai pihak.
       
Beberapa program yang saat ini masih berjalan dan akan terus dikembangkan, diantaranya, sebut Andi, adalah YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Programme) dan program beasiswa SMK Agroteknologi dan Agribisnis.
       
"Kami berkomitmen untuk terus berusaha memberikan kontribusi untuk ketahanan pangan Nasional dari berbagai sisi, mulai dari pendidikan hingga pemerataan ekonomi berbasis UMKM dan entrepeneur sosial," tuturnya.
       
Sebagaimana diketahui, bertajuk "Pemanfaatan Lahan Rawa untuk Pertanian Produktif, Hari Pangan Sedunia 2018 memiliki tujuan Nasional yakni meningkatkan kesadaran seluruh pihak akan pentingnya ketahanan pangan di Indonesia demi tercapainya resolusi “Zero Hunger in 2030.” 
       
Hari Pangan Sedunia 2018 merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh seluruh Negara di Dunia sebagai komitmen bersama dalam mengentaskan kelaparan yang banyak terjadi di beberapa Negara, bertemakan “Our Actions are Our Future,” Hari Pangan Sedunia 2018 ini dapat menghasilkan gerakan yang massive untuk merealisasikan cita-cita Dunia mengentaskan kelaparan.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018