Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XI Kalimantan, Prof. Idiannor Mahyudin,  Jumat (19/10/18) Pagi, kembali melakukan kunjungan dan pemantauan (kuntau) ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Banjarmasin. 

Kali ini alumni S3 Ekonomi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) ini melakukan kuntau tak jauh dari kantornya, yakni ke Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, dan kedatangannya langsung disambut Ketua Yayasan DR. H.Gusti Irhamni.

Lokasi pertama yang ia kuntau adalah Laboratirum Dasar, disini ia melihat langsung kondisi ruangan, ia meminta agar dipelihara dan dijaga dengan baik, bahkan ia memberikan saran kepada para dosen agar bisa melakukan penelitian dengan teknklogi sederhana.

Misalnya saja, penelitian terhadap pohon galam, di mana kayunya tersebut jika direndam kedalam air, mampu bertahan hingga 30 tahun.

"Laboratorium merupakan fasilitas yang penting dalam proses pengajaran, oleh karena itu setiap pengelola perguruan tinggi wajib menyediakan fasilitas tersebut untuk mahasiswa dan wajib memeliharanya dengan baik, dikelola dengan manajemen yang profesional, hal ini karena akan menjadi point penilaian dalam reakreditasi PTS," ujarnya. 
 
. (Antaranews Kalsel/Muhammad Adie Karya)

Tak hanya sampai disitu, ia juga kuntau ke prodi teknik dan prodi elektro, disini ia juga memberikan masukan kepada para dosen, agar bisa berinovasi untuk pengembangan teknologi.

"Sederhana saja, misalnya mesin bertenaga matahari, atau alat pembersih air, di Malaysia saja contohnya seperti jaring apung, mereka menggunakan fiber yang tertata rapi, dan ditempat kita masih menggunakan drum," katanya.

Negara kita, bahkan di provinsi kita ini memerlukan inovasi-inovasi walaupun sederhana, disinilah salah satu peran serta dosen teknik dan mahasiswa teknik dalam menyumbangkan pikiran bahkan produk yang inovatif dan tepat guna untuk masyarakat dalam lingkup penelitian.

"Selain karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat serta program kreativitas mahasiswa," tegasnya sebelum bertolak menuju Kotabaru, untuk melakukan pembinaan di Poltek Kotabaru pada hari Sabtu mendatang. 

Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan/Muhammad Adie Karya

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018