Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - PT Astra Agro Lestari Tbk melalui anak perusahaannya PT Tri Buana Mas Tbk yang merupakan perusahaan perkebunan sawit terbesar di Kalimantan Selatan (Kalsel) ini mengirim ribuan pisang Cavendish untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2018.

Comunity Development Area Manajer (CDAM)  PT Astra Agro Lestari Tbk area B4 Kalsel Jaenuddin, di Banjarbaru, Senin (15/10), mengatakan selain berpartisipasi dalam HPS pengiriman ribuan pisang Cavendish ini juga untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di sektor kesehatan.

"Pisang-pisang Cavendish itu dipetik langsung dari kebun khusus PT Tri Buana Mas, di Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin dan diserahkan PT Astra Agro Lestari Tbk Kalsel ke Dinas Perkebunan dan Perternakan Kalsel di Banjarbaru," katanya, saat memberikan keterangan melalui sambungan telpon.

Dijelaskan dia, upaya peraihan rekor MURI dikemas dalam program isi piring nasiku akan serentak dimakan ibu hamil untuk memberi gizi seimbang, dengan melibatkan ribuan ibu hamil pada Kamis (18/10).

Baca juga: Grup Astra Agro kembali raih ISPO

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer di dunia, pisang ini di Indonesia dikenal dengan sebutan pisang Ambon putih memiliki banyak kandungan gizi, seperti riboflavin, mangan, vitamin A, vitamin B6, niacin, serat, protein, vitamin C, besi, kalium, folat, dan magnesium.

Berdasarkan beragam gizi tersebut, maka pisang Cavendish ini dapat menjadikan tubuh Fruitaholic yang mengkonsumsinya akan lebih sehat, dan mencegah penyakit menular maupun penyakit dalam.

“Dalam dunia kesehatan, buah pisang merupakan makanan segar dan sebaiknya dikonsumsi lebih sering selama masa kehamilan, dikarenakan mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat," katanya.

Karena alasan tersebut dan saat dalam peringatan HPS ada kegiatan untuk ibu hamil, pihak dia ikut mengapresiasi dengan berpartisipasi menyiapkan ribuan pisang Cavendish tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Kalimantan Selatan sekaligus Sekretaris Panitia HPS Suparmi, mengatakan sangat gembira dan menyambut positif partisipasi PT Astra Agro Lestari Tbk dalam menyukseskan HPS.

Baca juga: Santosa: Yayasan Dharma Bhakti ASTRA Dorong UMKM Naik Kelas

"Kontribusi yang diberikan ini karena komuditas pisang merupakan bahan pokok pangan yang penting dengan kandungan gizinya untuk dikonsumsi, dan merupakan upaya pememuhan pangan yang terintegrasi dengan holtikultura," katanya.

Program isi piringku ini nantinya akan diikuti sebanyak 2018 orang ibu hamil yang digelar serentak mulai pukul 08.00 Wita baik yang ada di Jejangkit, maupun di Banjarbaru, juga merupakan langkah pencegahan kekurangan gizi pada ibu hamil yang ada di Kalsel.

Ditambahkan dia, untuk kegiatan HPS akan dipusatkan di Desa Jejangkit, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Utara dan Kantor Pemprov Kalsel di Banjarbaru, pada Kamis hingga Sabtu (18-20/10) mendatang dan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018