Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kampung Keluarga Berencana (KB) "Bersemarak" di Desa Paharangan, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dicanangkan, ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie.

Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS Amrullah M Nugraha, di Paharangan, Kamis, mengatakan pencanangan ini merupakan bentuk semangat dan komitmen semua pihak, demi tercapainya tujuan program kampung KB, keluarga kecil bahagia sejahtera.
 

Pencanangan Kampung KB Bersemarak Desa Paharangan,
Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/Dinas PPKBPPPA HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS Gelar Baksos Pelayanan KB Gratis

"Dalam kegiatan ini juga diserahkan juga BKB Kit dan genre kit dari Dinas PPKBPPPA, untuk membantu kader dalam menjalankan fungsi poktan serta ditampilkan paduan suara dari PIK Remaja Syubbanul Yaum yang menyanyikan lagu Mars Genre yang kental dengan isi pesan pendewasaan usia perkawinan," katanya.

Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie mengatakan bahwa dipilihnya Desa Paharangan sebagai Kampung KB, dikarenakan aparat desa beserta masyarakatnya pro aktif dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang KKB, hal tersebut merupakan modal utama dalam meningkatkan indeks pembangunan desa yang dinilai masih perlu ditingkatkan.
 

Pencanangan Kampung KB Bersemarak Desa Paharangan,
Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/Dinas PPKBPPPA HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS Canangkan Sepuluh Kampung KB

Dijelaskan dia, pentingnya perencanaan dalam berkeluarga, dimulai dari perencaan dalam memutuskan menikah agar berada pada usia ideal, juga sampai perencanaan jumlah anak untuk masa depannya yang lebih baik.

Pencanangan ini disaksikan oleh Kabid Keluarga Berencana Dinas PPKBPPPA HSS Syahril Sofian, para pejabat lintas sektoral lainnya dan juga pembacaan ikrar Kampung KB oleh PKB, kepala Desa Paharangan, ketua TP PKK Paharangan, aparat desa dan juga tokoh masyarakat yang isinya komitmen mensukseskan program Kampung KB.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018