Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mencanangkan sepuluh Kampung Keluarga Berencana (KB) se Kabupaten HSS yang dipusatkan di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Jambu Hulu, Kecamatan Padang Batung.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) HSS Hj Is Susilastuti, di Jambu Hulu, Rabu (22/11), mengatakan, maksud dibentuknya kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa dalam mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

"Pembentukan kampung KB adalah upaya penguatan program Kependudukan, KB, Pembangunan Keluarga (KKBPB) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, "katanya.

Dijelaskan dia, upaya mewujudkan keluarga berkualitas diharapkan menjadi miniatur pelaksanaan program KKBPB di tingkat desa, yang didukung oleh semua lintas sektor, baik pembangun infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

Adapun sepuluh desa yang dicanangkan kampung KB antara lain, Desa Asam Kecamatan Sungai Raya, Jambu Hulu Kecamatan Padang Batung, Hamak Kecamatan Telaga Langsat, Tawia Kecamatan Angkinang, Bariang Kecamatan Kandangan.

Selanjutnya, Desa Panjampang Bahagia Kecamatan Simpur, Pihanin Raya Kecamatan Daha Selatan, Karang Bulan Kecamatan Kalumpang, Maliau Kecamatan Loksado, Bajayau Tengah Kecamatan Daha Barat, sementara Pakan Dalam Kecamatan Daha Utara sudah dicanangkan di tahun 2016 lalu.

H Acmad Fikry, mengatakan, pentingnya keluarga kecil dan sejahtera sesuai dengan visi misi Kabupaten HSS yang Sejahtera, Agamis dan Produktif (Sehati) melalui beragam program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Beragam bantuan telah disalurkan oleh pemerintah, baik beras, bantuan bedah rumah, dan usaha ekonomi produktif bagi warga kita yang kurang beruntung, namun hendaknya nantinya tidak hanya tergantung pada bantuan namun jadi penyemangat untuk mendorong peningkatan harkat hidup masyarakat agar mandiri,"katanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati HSS juga menyerahkan paket bantuan berupa sepeda bagi pasangan keluarga peserta KB kurang mampu, untuk kebutuhan sarana anak ke sekolah bantuan dari Dinas Sosial HSS.

Penyerahan bantuan BKB-KIT untuk kelompok BKB dan Genre KIT untuk kelompok PIK Remaja Kampung KB desa Jambu Hulu.

Selain itu, pada pencanangan kampung KB di Desa Jambu dilaksanakan pelayanan akseptor KB Pria (MOP) dan Implant dengan menggunakan sarana mobil pelayanan KB dari Dinas PPKBP3A HSS.

Mengakhiri kegiatan dilakukan pemukulan gong oleh Bupati menandai pencanangan sepuluh Kampung KB se Kabupaten HSS, serta penandatanganan sepuluh prasasti kampung KB.

Turut berhadir, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah A Fikry, Kepala Dinas Sosial Hj Siti Erma dan para kepala SKPD terkait, Forkopimda HSS, para camat, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan instansi vertikal, para kepala desa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017