Kandangan, (Antaranews Kalsel)- Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPKBPPA) Kabupaten Hulu Sungai Selatan kembali melaksanakan  Bakti Sosial Pelayanan KB Gratis, di Kampung KB Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya.

Kepala Dinas PPPKBPPA Hj Is Susilastuti, melalui Kabid Keluarga Berencana, Syahril Sofian, di Kandangan, mengatakan Pelayanan KB Gratis bertujuan meningkatkan cakupan penggunaan alat Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

"Penggunaan Alkon implant merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai lama, lebih dari dua tahun, efektif dan efisien untuk tujuan pemakaian menjarangkan kelahiran selama tiga tahun atau dapat dipergunakan oleh wanita usia subur tidak ingin anak lagi,"katanya.

Dijelaskan dia, bakti sosial ini merupakan kerjasama Tim Dinas PPKBPPPA  HSS bekerjasama dengan Bidan Puskesmas Sungai Raya, Bidan Puskesmas Batang Kulur dan Bidan Desa Asam, PKB Kecamatan Sungai Raya dan PPKBD Desa Asam dengan menggunakan fasilitas sarana Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN KB).

Adapun pelayanan KB Gratis ini dimanfaatkan masyarakat Kampung KB Desa Asam dan sekitarnya sebanyak 19 orang, terdiri dari Pelayanan Kontrasepsi KB pemasangan baru kontrasepsi Implant sebanyak 13 orang, bongkar  pasang kontrasepsi Implant sebanyak 3 orang, dan bongkar atau melepas kontrasepsi Implant sebanyak 3 orang.

"Dalam kegiatan  ini juga dilaksanakan penyuluhan untuk  kelompok akseptor KB, juga masyarakat yang berhadir, dengan materi yang disampaikan tentang MKJP yakni pemakaian implant, IUD dan penggunaan Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria MOP,"katanya, disela kegiatan bakti sosial, beberapa waktu lalu.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada camat Sungai Raya, tenaga kesehatan pendukung, koordinator penyuluh KB Sungai Raya, aparat desa dan PPKBD Desa serta semua masyarakat Kampung KB Desa Asam atas kehadiran, dukungan dan fasilitas yang diberikan.

Turut hadir, wakil ketua TP-PKK Kabupaten HSS beserta ketua Pokja III, dan Anggota Pokja II, kepala Desa Asam dan ketua TP-PKK Desa Asam.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018