Kandangan,  (Antaranews Kalsel) -Untuk menyukseskan Hari Pangan Sedunia(HPS) XXXVIII, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) ikut menanam padi, di Desa Jejangkit, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Fathurrahman, di Jejangkit,  Rabu(10/10), mengatakan, untuk mendukung HPS Pemkab HSS diminta oleh Pemerintah Provinsi(Pemprov) Kalsel untuk membuka lahan baru pertanian seluas 2,8 hektar.
 
Tanam padi Pemkab HSS dukung HPS di Jejangkit, Barito Kuala (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Petani HSS panen padi di lahan 350 hektare

"Lahan seluas 2,8 hektar tersebut, dibuka dan diolah menggunakan alat-alat mesin pertanian, yang dibawa langsung dari Kabupaten HSS, seperti exapator dan traktor roda empat, dan alhamdulillah, sekitar dua minggu dari pengolahan lahan, penyemaian dan hingga cocok tanam selesai dikerjakan," katanya.

Dijelaskan dia,  selain menanam padi,  di areal sawah ditanami pohon peneduh, yang terdiri dari, kelapa, jeruk, trambesi,  mangga sirsak ada asam, dengan harapan agar adanya pohon peneduh tersebut maka areal persawahan menjadi teduh.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengatakan gerakan menanam padi di Desa Jejangkit, Kabupaten Batola ini, sebagai wujud dan kontribusi Pemkab HSS, mendukung target tanam Provinsi Kalsel, dalam rangka HPS yang puncaknya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada 18 sampai dengan 20 Oktober 2018 mendatang.
 
Tanam padi Pemkab HSS dukung HPS di Jejangkit, Barito Kuala (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pembuatan tanggul irigasi pertanian wilayah Negara tunggu SID

Dijelaskan dia, padi yang ditanam jenis Inpari 9 dengan sistem jajar legewo 4:1, yang akan panen tiga bulan kedepan, dari pengelohan tanan, penanam, pemupukan hingga penen, dananya dibiayai oleh Pemkab HSS, dan hasil panen akan dibagi dengan pemilik tanah.

Penanaman padi tersebut dipimpin langsung Bupati HSS H Achmad Fikry,  didampingi Plh Sekda HSS Hubriansyah,  jajaran Dinas Pertanian HSS,  para kepala SKPD dan camat se Kabupaten HSS. 
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018