Barabai, (Antaranews Kalsel) - Tinggal selangkah lagi, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dapat dipastikan masuk dalam nominasi salah satu Kabupaten Layak Anak (KLA) khususnya di wilayah Kalsel.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi monitoring dan evaluasi (rakor monev) sekaligus audiensi dengan gugus tugas KLA yang digelar di aula Dinsos PP KB PP dan PA HST, Selasa (2/10).

Kepala Dinsos PP KB PP dan PA HST Provinsi Kalsel Andriani Anwari menyampaikan, HST mempunyai potensi untuk menjadi salah satu kabupaten layak anak di Kalsel, namun masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai itu.

Misalnya, ada tempat publik yang ramah anak dan memenuhi hak-hak bagi anak-anak, seperti rumah sakit layak anak, puskesmas layak anak, sekolah layak anak dan tempat publik lainnya yang layak dan menyediakan tempat bagi anak-anak.

"Selain itu, ada syarat legal formal dan komitmen dari pimpinan daerah yang dibuktikan dengan hitam di atas putih," katanya.

Sementara itu, kepala bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rahmatullah menjelaskan bahwa sebenarnya di tahun 2016, petinggi HST dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati sudah menandatangi komitmen untuk itu.

"Pada tahun 2018 ini HST memiliki nilai verifikasi adminsitrasi 413,75 point, ini artinya hanya tinggal melengkapi syarat hitam di atas putih dan legal formal secara administrasi lainnya maka nilai HST akan meningkat," katanya.

Menurutnya, apabila nanti datang tim verifikasi dari pusat yang terdiri dari Kementrian dan lainnya, maka tim tidak hanya bicara lisan, tapi dibuktikan dengan dokumentasi dan surat resmi lainnya.

"Prinsipnya adalah pelan tapi pasti dan semua syarat terpenuhi hingga HST menjadi salah satu kabupaten layak anak," tegasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018