Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Partai politik peserta pemilihan umum di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sangat mendukung terciptanya pemilihan umum yang damai tahun 2019 baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.
     
"Kami sangat mendukung pemilu yang damai dan tenang tanpa menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat," ujar Ketua DPC Partai Gerindra Banjarbaru Syahriani di Banjarbaru, Sabtu.
     
Ia mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Banjarbaru yang sudah menggagas deklarasi pemilu damai 2019 melibatkan berbagai unsur termasuk parpol.
     
Dijelaskan mantan Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru itu, pemilu yang damai merupakan keinginan seluruh pihak dan masyarakat sehingga setiap individu bisa berperan mewujudkannya.
     
"Bagi kami, pemilu damai itu paling utama meski pun berbeda pilihan namun tetap menjaga kedamaian dan persatuan di lingkungan masyarakat sehingga bisa saling berdampingan," ungkapnya.
     
Ditekankan, upaya mewujudkan kedamaian bisa dilakukan dengan sikap dan perilaku yang selalu tersenyum agar terhindar dari permusuhan karena beda dalam pilihan partai maupun presiden.
     
"Selalu tersenyum karena senyum apresiasi jiwa yang mendekatkan pada kedamaian sehingga harapan pemilu damai bisa terwujud melalui senyum yang selalu mengembang," ucapnya.
     
Sementara, Pelaksana Tugas Ketua DPC PAN Kota Banjarbaru Emi Lasari mengatakan, pihaknya siap mewujudkan pemilu damai melalui pengurus partai hingga ke tingkat paling bawah.
     
"Kami akan menyampaikan komitmen pemilu damai yang sudah dilaksanakan tingkat kota dan meneruskannya hingga ke pengurus paling bawah hingga kader dan simpatisan partai," ujarnya.
     
Sebelumnya, Rabu (19/9) deklarasi pemilu damai 2019 dilaksanakan Pemkot Banjarbaru melibatkan partai politik dan seluruh pihak baik tokoh agama, tokoh masyarakat hingga unsur pemuda.
     
Deklarasi diisi pernyataan bersama dipimpin Wali Kota Nadjmi Adhani yang didampingi unsur Forkopimda dengan mengucapkan komitmen mewujudkan pemilu damai di kota itu.
     
Pemilihan umum legislatif Kota Banjarbaru diikuti 16 partai politik yakni Partai Golkar, PDIP, PPP, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, PKS, Demokrat, PAN dan Partai Perindo.
      
Kemudian, enam partai lainnya PKPI ,Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Garuda, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Berkarya yang seluruhnya sudah siap mengikuti pemilu. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018