Banjarmasin, (Antaranews) - Pihak DPRD Banjarmasin meminta pemerintah kota setempat untuk berani meningkatkan inovasi untuk Banjarmasin hebat diusia ke-492.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Soprayogi menyatakan saat digelarnya rapat paripurna istimewa memperingati Harjad Kota Banjarmasin yang ke-492, Jumat, Banjarmasin harus terus menciptakan inovasi yang baik dan kreatif untuk bisa bersaing dengan daerah lain yang sudah sangat maju.

"Ini keterkaitannya dengan SDM yang harus dikuatkan, sehingga visi dan misi menjadikan Banjarmasin sebagai kota sungai terindah di Indonesia bisa terwujud cepat," kata politisi PDIP ini.

Sebab, kata dia, Banjarmasin akan lamban mewujudkan cita-cita dalam kemajuan pembangunan daerah, khususnya kemajuan pariwisata kalau tidak ditopang SDM yang mempuni.

"Karenanya, kita minta terkait pengembangan SDM di pemerintahan kota ini bisa ditingkatkan pembinaannya," ujar Soprayogi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Arifah Arif mengharapkan Banjarmasin kedepannya ini lebih bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Menurut dia, masih banyak lagi ruang sekolah di daerah ini yang tidak layak lagi dijadikan tempat bagi sarana belajar dan mengajar.

"Ini harus dipercepat penanganannya, sehingga pendidikan di daerah kita bisa bersaing dengan daerah lain," ujar politisi PPP tersebut usai rapat paripurna peringatan Harjad ke-492.

Sama halnya, kata Arifah, dengan pelayanan kesehatan, di mana Banjarmasin harus betul-betul serius mewujudkan pembangunan rumah sakit Sultan Suriansyah di Jalan RK Ilir sebagai rumah sakit pemerintah daerah untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Kita di dewan sudah sangat serius mendukung pembangunan RS ini, seyogyanya Pemkot juga demikian dengan memenuhi target 2019 sudah bisa beroperasi," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Budy Wijaya mengharapkan untuk Banjarmasin yang sudah memasuki usia ke-492 tahun ini pemerataan pembangunan infrastruktur jalan terpenuhi hingga ke wilayah pinggiran.

"Memang masih sangat banyak PR kita bersama untuk mewujudkan pembangunan di daerah ini hingga bisa berkeadilan dinikmati semuanya, ini harus kita samakan tekad untuk mewujudkannya," pungkas politisi PKB tersebut.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018