Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pasangan Dimas Satria Hutama-Salma terpilih sebagai Nanang-Galuh Banjar 2018 untuk Kota Banjarmasin pada perhelatan grand final pemilihan Nanang-Galuh (NaGa) Banjar 2018 untuk Kota Banjarmasin di Ball Room Hotel Rattan In Banjarmasin, Sabtu malam.
      
Grand final yang berlangsung ketat hingga dinihari Minggu tersebut menampilkan 12 pasang peserta Nanang-Galuh, di mana akhirnya Dimas-Salma yang merupakan mahasiswa Asmi Citra Nusantara tersebut terpilih menjadi pemenang, dan ditetapkan sebagai NaGa Banjar 2018 untuk Kota Banjarmasin.
      
Sebagaimana diketahui Nanang-Galuh Banjar atau seperti Abang-Noneng di DKI  Jakarta adalahan bagi duta wisata. Sebutan Nanang bagi laki-laki dan sebutan Galuh bagi perempuan.
       
Tugas Nang-Galuh untuk menjadi icon pemuda dan pemudi yang mencintai dan melestarikan budaya dan pariwisata daerah.
      
Wali kota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam kegiatan grand final tersebut, mengingatkan, 
Nanang-Galuh Banjar 2018 Kota Banjarmasin untuk lebih mengenali, menghayati budaya Banjar, adat istiadat, lingkungan sosial daerah ini.   
       
"Kami ingin mengingatkan kepada seluruh peserta, khususnya Nanang-Galuh, agar lebih mengenali dan menghayati budaya banjar, adat istiadat, lingkungan sosial yang merupakan kebanggaan dan budaya daerah kita," ujarnya.
         
Dengan adanya pengetahuan tersebut, harapnya, pemilihan Nanang-Galuh ini bukan hanya menampilkan fisik semata, tetapi juga terkait dengan kepribadian, kecerdasan, serta budi pekerti yang bisa menjadi kebanggan Banua.
       
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin M Ikhsan Alhaq menambahkan,  pemilihan Nanang-Galuh merupakan sebuah tradisi yang telah berlangsung lama di Kota Banjarmasin.     
        
Awalnya, kata dia, pemilihan Nanang-Galuh ini dilakukan pada tahun 1980, dan terus dilakukan hingga sekarang setiap tahunnya.
      
"Untuk tahun ini, peserta yang mendaftarkan diri untuk menjadi Nanang-Galuh Kota Banjarmasin sebanyak 120 orang, setelah dilakukan seleksi ketat terpilihlah sebanyak 12 pasang ke grand final," tutur Ikhsan. (Lapsus)

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018