Batulicin, (Antaraews Kalsel) - KMP Bamega yang dikelola PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan segera dioperasikan untuk membuka rute Pulau Laut-Pulau Sebuku Kotabaru.

Kepala ASDP Cabang Batulicin, Yudhi Yanuar di dampingi Manajer Usaha Marsadik, di Tanah Bumbu, Kamis mengatakan, pengoperasian kapal Bamega rencananya mulai November 2018, karena masih menunggu penyelesaian pembangunan dermaga di Pulau Sebuku.

"Dalam kontrak kerja pembangunan dermaga di Pulau Sebuku yang di kelola oleh Balai Pengelola Trasportasi Darat (BPTD) 15 akan rampung pada November, sehingga pada bulan-bulan itu kapal Bamega sudah beroperasi untuk melayani masyarakat," kata Yanuar.

Yanuar menjelaskan sebelum mengoperasikan kapal tersebut pihak ASDP masih mengusulkan tarif penumpang kepada Bupati Kotabaru berapa nominal tarif yang akan disetujui.

Karena rute Pulau Laut dengan Pulau Sebuku masih wilayah Kabupaten Kotabaru sehingga harus ada wewenang pejabat daerah untuk menentukan tarif penumpang.

Usulan tarif penumpang masih harus menunggu persetujuan Bupati Kotabaru, namun PT ASDP juga memiliki standar minimal ketentuan tarif yang disesuaikan dengan opreasional pelayanan, dan persetujuan tersebut juga akan mengacu standar pelayanan ASDP.

Tarif yang diusulkan sudah disinergikan dengan subsidi dari pemerintah pusat.

"Nominal tarif penumpang kapal Bamega rute Pulau Laut-Pulau Sebuku Kotabaru yakni Rp18.000/ penumpang dewasa, Rp13.000 anak-anak, sedangkan untuk kendaraan roda dua Rp53.000, kendaraan roda empat kelas kijang Rp342.000, dan semua itu masih menunggu kesepakatan," jelas Yanuar.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018