Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalsel turut menggelorakan Transportasi Sehat Merakyat (TSM) agar masyarakat di provinsi ini mulai membudayakannya.

"Korps Lalu Lintas Polri terus mendorong peningkatkan infrastruktur trotoar, jalur sepeda serta mensubsidi angkutan umum agar masyarakat beralih menggunakan transportasi sehat merakyat," terang Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin, Kamis.

Hal itu dikatakan Nina saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar di Hotel Pyramid Suites.

Dia mengungkapkan, sosialisasi Transportasi Sehat Merakyat yang dilaksanakan dalam rangka Tahun Keselamatan dan Budaya Tertib Berlalu Lintas.

Adapun tiga poin utama substansi transportasi sehat merakyat, papar Nina, yakni berjalan kaki, bersepeda, dan penggunaan angkutan umum di perkotaan.

"Pembudayaan transportasi sehat merakyat memang harus diiringi fasilitas yang memadai dan yang tak kalah pentingnya cara berpikir masyarakat untuk sadar akan pentingnya kesehatan dari segala aspek kehidupan di jalan raya atau perkotaan," jelas Nina menekankan.
Untuk merangsang masyarakat beralih menggunakan transportasi umum misalnya, menurut Nina perlu diawali dari penyediaan angkutan umum yang nyaman.

Sedangkan pembangunan infrastruktur trotoar dan jalur sepeda yang laik dan aman juga dipastikan bakal meningkatkan pedestrian dan penggunaan sepeda di dalam kota.

Nina yang hadir mewakili Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan pada kesempatan itu juga memberikan materi Etika Berlalu lintas di Jalan Raya selain sosialisasi Transportasi Sehat Merakyat yang kini tengah digaungkan Korlantas Polri.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018