Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan bersama Panitia Hari Besar Islam Barito Kuala menggelar Lomba Pawai Mobil Hias dan Takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Selasa (21/08) malam.


Lomba tersebut diikuti puluhan peserta, baik berasal dari Kota Marabahan dan sekitarnya maupun dari luar Marabahan, seperti  Desa Puntik Luar Kecamatan Mandastana.

Meski pelaksanaannya agak molor lantaran menunggu redanya hujan, namun peserta tetap sabar menunggu padahal mobil-mobil mereka berhiaskan aneka relief keagamaan terbuat dari kertas dilengkapi cahaya.

Lantaran tidak ada tanda-tanda reda, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor terpaksa melepas para peserta pawai sekitar pukul 21.45 Wita.

Mobil-mobil hias bernuansa Islami  memenuhi halaman Kantor Bupati Batola itu bergerak mengitari sejumlah ruas jalan dalam Kota Marabahan, mulai halaman Kantor Bupati Batola, Jalan Jenderal Sudirman, Hasan Basri, AES Nasution, Basuki Rahmat dan kembali finish di halaman Kantor Bupati Batola.

Iring-iringan mobil dilengkapi para penumpang berpakaian busana muslim dan peralatan tetabuhan seperti rebbana serta lainnya melantunkan takbir di sepanjang perjalanan untuk mendapatkan penilaian dari para juri.

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor memuji para peserta yang tetap hadir mengikuti lomba,  meskipun dalam cuaca hujan dan harus berbasas-basah padahal hiasan yang ditampilkan terbuat dari kertas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, terutama para peserta yang dengan sabar meskipun dalam cuaca sedang hujan,” katanya.

Wabup yang akrap disapa pak Rahmadi itu berharap,  kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan kebaikan, berkah, petunjuk serta lindungan Allah SWT.

Dalam kesempatan Rahmadi beserta Bupati Hj Noormiliyani AS dan keluarga maupun atas nama pemerintah daerah mengucapkan selama Idul Adha 1439 Hijriyah serta memohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kesalahan dan kekhilafan.

Dikesempatan itu, wabup juga menyampaikan undangan kepada seluruh masyarakat untuk berhadir pada pelaksanaan open house yang digelar di kediaman Bupati Batola usai pelaksanaan Shalat Idul Adha.

Lomba Takbiran dan Mobil Hias di malam Idul Adha ini diikuti  masyarakat, mesjid, mushalla dan sekolah yang dibina para SKPD, BUMN dan BUMD.

Dari penilaian yang dilaksanakan berhasil sebagai juara I Mushalla Darul Muttaqin, juara II Remaja Mesjid Nurul Hidayah, juara III Mesjid Nurul Anwar, juara IV Desa Puntik Luar (Mandastana), juara V Remaja Mesjid Sabilis Salam, dan juara VI BRI Marabahan.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018