Barabai, (Antaranews Kalsel) - Karang Taruna Citra Benawa, Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar beragam lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia(RI) ke-73 tahun 2018.

Panitia Pelaksana Ifan, di Haliau, Senin (13/8), mengatakan berbagai rangkaian acara kegiatan antarlain, jalan santai dan busana unik serta sepeda santai dan hias, selain itu juga memperlombakan permainan hiburan bahkan yang bernuansa religi yaitu, lomba adzan dan Iqamah.

"Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan pada tanggal 4 Agustus lalu yang dilakukan di balai Desa Haliau yang dihadiri oleh jajaran Muspika kecamatan Batu Benawa serta undangan, termasuk beberapa pihak yang ikut berpartisipasi mensponsori kegiatan tersebut," katanya.
 
Ragam lomba Karang Taruna Citra Benawa, Haliau (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Karang Taruna Haliau Gelar Baayun Massal

Dijelaskan dia, acara pembukaan dimulai dengan sambutan Camat Batu Benawa Jamhari dilanjutkan dengan tarian yang dipersembahkan oleh anggota Karang taruna Citra Benawa serta pengalungan kartu tanda panitia secara simbolis oleh camat setempat.

Acara sepeda santai dan hias dilaksanakan pada Jum'at (10/8)  dengan mengambil start di depan Mesjid Al Izzah, Haliau dengan rute Desa Halaiu ke arah ke Desa aluan serta Kalibaru dan kembali ke Desa Haliau kembali.

Sepeda santai disediakan berbagai hadiah menarik dengan hadiah utama  sebuah buah sepeda gunung, dan yang beruntung mendapatkannya adalah Fitria, seorang murid SDN Haliau, ia tak henti henti mengucapkan syukur mendapatkan hadiah sepeda gunung karena sepeda yang sekarang dia pakai untuk sekolah selalu terkendala lepas rantai.

Keseruan kegiatan berlanjut pada Minggu (12/8) pagi dengan diadakannya kegiatan jalan santai serta busana unik, acara kembali dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya diikuti seluruh peserta kemudian dilanjutkan dengan senam Maumere yang dipimpin anggota TNI Barep yang diikuti oleh seluruh peserta serta mendapatkan hadiah doorprize bagi yang terheboh.
 
Ragam lomba Karang Taruna Citra Benawa, Haliau (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Warga Desa Haliau HST Menolak Tambang Batu Bara

Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan peserta jalan santai yang dilepas  Kepala Desa Haliau Sahri Paini didampingi Ketua Karang taruna Citra Benawa M Hasbi, iring-iringan pajalan santai dimulai dengan pertunjukan DrumBand dari SMKN 2 Barabai mengiringi sepanjang perjalanan peserta yang mengambil rute dari haliau Ke Desa Pagat kemudian kembali Kehaliau.

Dan setiba di Haliau peserta disuguhi hiburan dan pengundian hadiah hiburan dan yang membawa pulang hadiah utama sebuah mesin cuci adalah Arbain, Warga desa Haliau, disamping banyak warga lainnya yang ikut membawa pulang hadiah menarik lainnya.

Ketua Karang Taruna Citra Benawa M Hasbi, mengatakan kegiatan peringatan Kemerdekaan RI ini sudah menjadi agenda rutin dan diharapkan terus dapat di laksanakan dengan dukungan banyak pihak.

"Kegiatan ini terus semarak dan berlanjut mengingat antusias masyarakat setiap tahun terus bertambah termasuk tahun ini panitia menyediakan ribuan kupon untuk event jalan santai dan sepeda santai baik dari kalangan muda hingga orang tua," katanya.
 
Ragam lomba Karang Taruna Citra Benawa, Haliau (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Abdur Rahman Terpilih Pimpin Karang Taruna Samudera

Kepala Desa Haliau Sahri Paini, mengatakan bahwa pemerintah desa selalu siap mendukung kegiatan karang taruna selama bersifat positif, serta kegiatan ini menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan masyarakat desa.

Adapun untuk rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekan RI yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Citra Benawa masih menyisakan beberapa agenda kegiatan hingga puncak kegiatan yang akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2018 mendatang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018