Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Hidayah Haruyan, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)  menggelar pertemuan antara panitia persiapan penegerian SMK Al Hidayah dengan kepala Sekolah, komite sekolah, dan pihak terkait lainnya, bertempat di ruang pertemuan sekolah setempat.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kelompok Suara Hati Nurani Masyarakat Hulu Sungai Tengah (KSHNM HST), Bahruddin, di Andang, Jum'at (10/8), mengatakan pertemuan tersebut merupakan langkah awal dan dihadiri 300 orang wali murid dan tokoh  masyarakat dalam rangka upaya mengembangkan kualitas pendidikan.

"Hasil pertemuan tersebut akan ditindak lanjuti dengan pertemuan selanjutnya dengan mengundang tokoh masyarakat HST, DPRD HST dan instansi terkait Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST untuk meminta masukan dan saran serta dukungan agar SMK Al Hidayah menjadi negeri," katanya.
 
Pertemuan awal usul menjadikan SMK Al HIdayah menjadi negeri (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dia Udini bebas langsung pulang kampung ke Haruyan

Dijelaskan dia, secara khusus dalam pertemuan semua pihak menghendaki agar dihentikannya proses hukum yang terjadi terkait dengan SMK Al Hidayah, sehingga kewenangan pengelolaan pendidikan disana dapat segera diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berlarut-larutnya proses hukum yang terjadi hanya akan menghambat proses pendidikan dan pengembangan status sekolah, padahal sekolah ini sudah menjadi salah satu sekolah Favorit di Kabupaten HST dan berdasarkan putusan banding Mahkahmah Agung aset yang ada diserahkan kepada yang berhak.

Menurut dia, yang berhak disini tentunya adalah SMK Al Hidayah dengan status atau bangunan milik Pemkab HST, dan kemudian nantinya ini dengan berhentinya proses hukum akan mempermudah penyerahan aset tersebut kepada pihak Pemrov Kalsel karena sampai saat ini Pemkab HST belum menghibahkan ke pemprov.

"Insya Allah pertemuan lanjutan akan direncanakan pada Senin (13/8) juga bertempat di SMK Al Hidayah yang beralamat di  Jalan  Divisi IV ALRI Haruyan, Andang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten HST untuk merumuskan langkah terbaik untuk kemajuan pendidikan," katanya.
 
Uji Kompetensi untuk siswa yang digelar sekolah untuk persiapkan lulusan siap kerja(Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Mantan Kadisdik HST dibebaskan dalam putusan Banding

Pihak dia menyatakan dukungan dengan telah terbentuknya panitia kecil untuk menggarap usulan penegerian sekolah tersebut, karena usulan tersebut mendesak ditindak lanjuti dan perhatian dari Pemkab HST melalui Dinas Pendidikan HST diperlukan untuk memperlancar proses tersebut.

Mantan Kadisdik HST Dia Udin, mengharapkan agar SMK Al Hidayah dapat terus maju dan berkualitas, dan salah satu upaya peningkatan tersebut melalui usul dari sekolah swasta menjadi Negeri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018