Barabai, (Antaranews Kalsel) - Plt Bupati  Hulu Sungai Tengah (HST) memotong pita tanda launching pelayanan kegawat daruratan Public Safety Center (PSC) 119 murakata yang dilaksanakan di Aula Bhakti Husada Dinas Kesehatan HST, Jum'at (3/8).

Bagi warga HST yang memerlukan bantuan cepat atau dalam kondisi gawat darurat bisa langsung memanggil PSC dengan nomor telpon 0811-5190-119 yang bermarkas di jalan SMP Nomor 44 Barabai atau disamping Puskesmas Barabai, depan lapangan Pelajar.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan HST drg. Kusudiarto, pada era transisi teknologi sekarang, penanggulangan penyakit menular dan tidak menular jadi perioritas utama. Kalsel sendiri berada di peringkat ke-5 dengan kasus pembuluh darah sehingga perlu penanganan serius.

Oleh sebab itu Kemenkes RI membuat kebijakan pelayanan terpadu PSC 119 secara terpusat dengan pelayanan cepat di seluruh Kabupaten atau Kota se Indonesia.

Dalam rangka memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat dan cermat kepada masyarakat HST, serta melaksanakan kebijakan program sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, maka dibentuklah PSC 119 Murakata.

Hal itu sesuai dengan arahan Kemenkes nomor 19 tahun 2016 tantang SPGDT yang dipadukan dengan Peraturan Bupati HST nomor 46 Tahun 2017 tentang pembentukan PSC 119 Murakata.

Dia mengatakan PSC 119 Murakata mempunyai fasilitas terlengkap di banding daerah lainnya, mempunyai markas yg represintatif, mobil Ambulance yang mewah serta di dukung oleh tenaga medis yang berpengalaman dalam penanganan kegawat daruratan

Tenaga yang bertugas terdiri dari  1 orang dokter,  7 orang perawat serta 1 orang bidan ditambah 2 orang sopir yang siap stanby di markas dengan sistem pelayanan 24 jam.

Ditambahkannya bentuk layanan PSC 119 Murakata terutama dalam bentuk kegawat daruratan medik, kehamilan, kecelakaan lalu lintas serta ke gawat daruratan lainya.

"Untuk operasional sendiri diharapkan bisa bekerja sama dengan seluruh lintas sektoral terkait yang berhubungan langsung dengan penanganan kegawatdaruratan baik dari unsur kepolisian, puskesmas, bidan desa dan penanggulangan bencana," katanya.

PSC 119 murakata menurutnya tentu tidak terlepas dari keterbatasan baik sarana dan prasarana serta SDM dalam tahap awal operasinonalnya.

Sehingga pelayanan masih belum optimal namun kedepan semua akan di evaluasi dan diperbaiki sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat HST.

H A Chairansyah mengapresiasi Dinas Kesehatan atas launching PSC 119 Murakata sehingga layanan kegawatdaruratan bisa lebih di optimalkan dan fokus terhadap kesehatan masyarakat yang menjadi hal utama dalam visi dan misi di pemerintahan.

"PSC 119 murakata salah upaya untuk kesejahteraan masyarakat di bumi murakata, dalam menangani instalasi gawat darurat diharapkan bisa mempermudah jika terjadi kecelakaan ataupun korban bencana serta penanganan gawat darurat lainnya," katanya.

Chairansyah juga berpesan agar PSC lebih di sosialisasikan lagi untuk masyarakat luas serta menjaga kebersihan markas dan perawatan mobil ambulance sehingga masyarakat di HST dapat merasakan kemanfaatan fasilitas tersebut.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018