Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Langkah cepat diambil Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) yang langsung memberikan bantuan logistik untuk keluarga korban kebakaran di Desa Panggadingan, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten HSS.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) HSS, Efran di Panggandingan, Rabu (1/8), mengatakan Pj Bupati HSS menyalurkan bantuan pada pukul 08.00 Wita dan langsung mengunjungi lokasi kebakaran yang mengakibatkan kerusakan delapan buah rumah warga.
 
Penyerahan bantuan logistik korban kebakaran (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Video - Rencana simulasi malah Dahnial Kifli pilih terjun langsung padamkan api

"Ada tiga rumah dengan kerusakan total atau seratus persen, tiga rumah dengan kerusakan sedang dan dua rumah dengan kerusakan ringan, warga yang mengalami kerusakan total untuk sementara menginap di rumah keluarga masing-masing," katanya.

Dijelaskan dia, kebakaran yang terjadi kawasan pemukiman di Desa Panggandingan, Kecamatan Daha Utara terjadi Selasa (31/7) pukul 23.45 wita dan api cepat menjalar ke bangunan lain karena kondisi bangunan rata-rata berbahan kayu.

Ada 12 Kepala Keluarga (KK) dengan 35 jiwa yang terdampak musibah kebakaran ini, dan kebakaran bisa dipadamkan dalam waktu 30 menit namun tidak ada korban jiwa atau pun luka.
 
Penyerahan bantuan logistik korban kebakaran (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Pemkab HSS Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam

Rincian data kebakaran, rumah keluarga Wahidin dengan dengan kerusakan 100 persen, Arbainah 100 persen, Muchtar HS 100 persen, Ramlah 50 persen, Basiah 50 persen, sementara dengan kerusakan ringan 20 persen antara lain  keluarga Riyaldi, Johansya dan Nur Bani.

Adapun langkah yang telah dilakukan pihak dia antaralain,  upaya pemadaman dan penyelamatan melibatkan BPK atau PMK dari Daha, Kandangan, BPBD HSS dan PMK dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), melakukan pendataan korban dan segera menyalurkan bantuan logistik.

Dahnial Kifli, mengatakan agar para keluarga korban bisa tabah dalam menghadapi musibah dan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan memberikan bantuan rumah sesuai jenis kerusakan masing-masing.

Ditambahkan dia, agar warga lainnya bisa mewaspadai musibah kebakaran dengan pencegahan secara dini dan musibah tidak terulang kembali, pengaruh cuaca karena musim kemarau sangat rentan terjadinya kebakaran.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018