Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan memperjuangkan kawasan ekonomi khusus wisata petualangan Kiram untuk menumbuhkan sektor pariwisata di Kabuapten Banjar dan sekitarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor di Banjarmasin Minggu mengatakan, menunggu upaya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wisata Kiram tersebut, pihaknya akan segera menyelenggarakn kegiatan wisata di daerah tersebut.

Menurut Gubernur, berbagai kegiatan akan terus diselenggarakan dalam upaya pengembangan dan promosi wisata di Kalsel.

Salah satunya adalah Festival Kiram 2018, yang diselenggarakan di Kiram Park, Desa Kiram Kabupaten Banjar, 20 hingga 22 Julli 2018.?

Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan festival Kiram 2018 ini, diantaranya bazar atau pameran wisata dari Kabupaten/Kota se Kalsel, berbagai lomba permainan tradisional, puncak pemilihan Putri Kalsel, "Color run of Kiram dan E-treme Kiram".?

Menurut Gubernur, festival Kiram ini merupakan embrio dari festival-festival lainnya yang ada di Kalsel.?

Selain itu, saat ini juga terus dikembangkan objek Wisata Kiram atau Kiram Park.

Gunung-gunung yang ada di kawasan Kiram ini nantinya akan terhubung hingga ke Gunung Mawar, atau Kiram Park.

Derah ini, tambah dia, juga akan dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kepariwisataan yang melipti kawasan Kiram, Mandiangin, Riam Kanan, dan Hutan Kahung.?

Festival tersebut, tambah dia, akan terus dikembangkan menjadi objek wisata di Kalsel?dengan mengenalkan objek wisata Kiram Park dengan pesona alam dan pegunungan yang indah.

"Wisata baru ini, saya harap akan mampu menarik minat wisatawan baik lokal, nasional, bahkan internasional," katanya.?

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Heriansyah mengatakan, Festival Kiram 2018 ini merupakan kegiatan pariwisata Kalsel yang ada di tahun 2018.

Setidaknya ada lebih dari 30 event pariwisata di Kalsel yang tersebar hingga di Kabupaten /Kota.

Heri berharap, Festival Kiram ini nantinya akan menjadi acara tahunan dan bisa menjadi festival pembuka dalam kemeriahan peringatan hari jadi Kalsel yang diperingati setiap bulan Agustus.?

"Festival Kiram ini diharapkan nantinya akan menjadi acara tahunan, dan bisa menjadi festival pembuka dalam peringatan hari jadi Provinsi Kalsel." ujarnya.






 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018