Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait melakukan pembersihan sampah di bantaran Sungai, Kandangan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS MK Saputra, di Kandangan, Jum'at (20/7), mengatakan Pj Bupati HSS berbaur dengan rekan-rekan relawan Forum Komunitas Hijau, Tagana HSS, Dispera KPLH dan Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik HSS.
 

Pembersihan Sungai Amandit (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Video - Bundaran Lukah Iwak ikon kehidupan sosial warga Daha

"Pembersihan yang kita lakukan dengan memungut sampah dari mulai belakang lapangan Lambung Mangkuta sampai di belakang Kantor Dinas Pekerjaan Umum di Jalan Singakarsa, Kandangan," katanya.

Dijelaskan dia, pembersihan ini merupakan kegiatan rutin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, serta menjaga bantaran sungai dari pencemaran karena limbah sampah.
 

Pembersihan Sungai Amandit (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Peringati HPSN Dispera KPLH HSS Bersihkan Sungai

Selain itu, menjadi bentuk edukasi atau pendidikan untuk masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang apalagi di sungai, sampah agar dibuang pada tempat yang telah disediakan.

Dahnial Kfili,  menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampahnya ke sungai atau pinggiran sungai, dan agar semua masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing

Sampah yang dikumpulkan, baik sampah plastik, ranting pohon dan lainnya kemudian diangkut armada dari Dispera KPLH, rutinitas  pembersihan Sungai Amandit ini dharapkan dapat mempertahankan kebersihan dan keasrian lingkungan yang ada di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018