Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) HSS menggelar lomba cerdas cermat tingkat SLTP sederajat  Se Kabupaten HSS dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adyaksa ke-58 tahun 2018.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik HM Sadyi Masun, di Kandangan, Selasa (17/7), mengatakan diikuti sebanyak 30 tim atau 90 siswa dari 30 sekolah yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten HSS, setiap tim terdiri atas tiga siswa.

"Cerdas cermat dilaksanakan selama tiga hari yakni, dua hari untuk babak penyisihan dan satu hari Jum'at (20/7) pukul 14.00 Wita untuk final yang akan dilaksanakan di Kejari HSS," katanya, saat menyampaikan laporan sebagai Panitia Pelaksana.
 
Pembukaan Lomba Cerdas Cermat se Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Para Kepala Desa HSS Diberi Penyuluhan Hukum

Sekretaris Disdik HSS Naparin, mengatakan mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh pada kegiatan cerdas cermat ini disamping untuk mengenalkan tugas dan fungsi Kejari sebagai lembaga negara dalam penegakan hukum.

"Apa yang dapat kami bantu, apa yang dapat kami kerjakan Insya Allah kami akan fasilitasi semampu kami, semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan memberikan pengalaman baru dan wawasan luas bagi para siswa," katanya.

Kepala Kejari HSS Sugeng Riadi melalui Kasi Intel Kejari HSS Alpha Fauzan, mengatakan babak penyisihan dilakukan di Gedung Kesenian dari tanggal 17 hingga 18 Juli 2018, sedangkan finalnya akan dilaksanakan di Kantor Kejari HSS sekaligus mengenalkan para siswa secara langsung dengan lingkungan di Kejari HSS.

Dari 30 tim akan diambil delapan besar untuk lolos ke semifinal, selanjutnya dari delapan tim akan diambil lima tim untuk melaju ke final untuk penentuan juara satu, dua, tiga dan harapan satu dan dua.
 
Pembukaan Lomba Cerdas Cermat se Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Siswa SMKN 2 Kandangan Diberi Penyuluhan Hukum

 "Khusus finalnya akan diikuti lima tim terbaik dari 30 tim peserta dari 30 sekolah  yakni, 28 dari SMP dan dua dari MTsN yang ada di HSS," katanya, usai membuka secara resmi lomba cerdas cermat.

 Adapun materi yang diperlombakan pada cerdas cermat terkait dengan materi pendidikan di SLTP Sederajat dan ada materi hukum, dalam babak penyisihan dilakukan secara tertulis sementara babak delapan besar baru menggunakan sistem bel.

Turut berhadir, Kasi Pidum Romolus dan jajaran Kejari HSS, para kepala sekolah dan pendamping serta peserta cerdas cermat se Kabupaten HSS.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018